Matahari Tutup Seluruh Gerai, Termasuk Dua Usahanya di Magelang

BNews— NASIONAL— PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) memutuskan menutup sementara seluruh gerai secara nasional selama 14 hari atau lebih. Keputusan manajemen ini sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam pencegahan meluasnya pandemi covid-19.

Matahari Departement Store menutup sementara seluruh gerai secara nasional sejak 30 Maret hingga 13 April 2020. Atau akan diperpanjang massa tutup tergantung perkembangan penyebaran dan dampak virus korona.

Dampak penutupan, karyawan diseluruh gerai dirumahkan. Sementara karyawan di kantor pusat menjalani sistem kerja dari rumah (Work From Home).

Karyawan yang dirumahkan tetap mendapat gaji, namun tidak penuh. Sedang mereka yang bekerja dengan sistem WFH akan mendapat gaji penuh.

”Penutupan sementara seluruh gerai secara nasional Matahari telah disampaikan kepada seluruh karyawannya secara nasional bahwa sebagai langkah sukarela untuk menjaga kesehatan para karyawan,” tulis perusahaan dalam keterangan resmi kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), belum lama ini.

LPPF juga menunda pembukaan empat gerai baru serta menarik semua arahan penjualan dan laba 2020. Selain itu, manajemen juga membatalkan rekomendasi pembayaran dividen untuk tahun buku 2019 dan mengurangi beban usaha yang tidak esensial.

”Termasuk beban sewa, pemasaran, perjalanan dinas dan beban lainnya, dan menghapuskan semua non-committed capital expenditure di tahun ini,” lanjutnya dalam keterangan tersebut.

Loading...
Baca juga: Akibat Virus Corona Lubang di Lapisan Ozon Tertutup Kembali

Kendati telah menutup gerai segara keseluruhan, pihaknya memastikan akan tetap mengoperasikan gerai online Matahari.com seperti biasa. Manajemen akan meningkatkan layanan untuk mendorong adanya permintaan melalui online yang berpotensi lebih tinggi.

Terpisah, CEO Matahari Terry O’Connor menegaskan, para pemangku kepentingan Matahari memiliki kebijakan untuk tidak memberikan arahan untuk periode mendatang. Hal ini dinilai relevan disaat situasi pandemi covid-19.

”Kami menghadapi masa yang penuh tantangan ini secara berhati-hati. Dan kami tetap siap untuk melakukan langkah lebih lanjut untuk memastikan agar Matahari dapat melalui krisis ini. Dan siap melayani pelanggan kami secara lebih baik serta untuk menyambut kembali rekan kerja kami ke gerai dan kantor kami,” pungkasnya. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: