Pembersihan Material Longsor Sambeng Masih Manual

0
174

BNews–BOROBUDUR– Hingga saat ini material longsor yang terjadi di jalur alternatif Borobudur, Magelang – Kalibawang, Jogjakarta dan sebaliknya masih ditangani secara manual. Sambil menunggu alat berat puluhan warga dibantu relawan bencana, BPBD Kab Magelang, TNI-Polri membersihkan material menggunakan senggrong dan sekop.

Hingga berita ini ditulis, material longsoran dengan ketebalan longsoran hingga 2 meter dan panjang 5 meter dari ladang pertanian Ketela dan jagung di ketinggian tebing 15 meter masih menutup badan jalan. Lantaran armada mobil Damkar belum datang, warga memanfaatkan sebuah kompresor untuk mengambil air di sungai yang tak jauh dari lokasi longsor.

Kasat Lantas Polres Magelang Setya Budi Waspada mengatakan, sudah berkoordinasi dengan DPU Kab Magelang untuk segera menerjunkan alat berat. Sedikitnya dua alat berat bulldozer dan wheel loader akan diperbantukan guna mempercepat pembersihan tanah liat.

“Satu alat berat diambil dari Sawangan dan sekarang dalam perjalanan menuju kesini,” ujar Waspada.

Ia menjelaskan, selama jalur alternatif Borobudur – Kalibawang belum bisa dilalui, personelnya telah membuat rekayasa lalu lintas.

“Dari Borobudur menuju Jogja kendaraan sementara melalui Mendut – Srowol – Sriwedari dan sebaliknya,” terangnya. (han/bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here