Melihat Semangat Santri Lansia di Ponpes Sepuh Payaman Magelang

BNews—MAGELANG— Selama bulan Ramadhan 1444 H/2023 M, sejumlah santri lanjut usia (lansia) yang datang dari berbagai daerah mendalami agama Islam di Pondok Pesantren (Ponpes) Putri Sepuh Masjid Agung Payaman, Secang, Kabupaten Magelang.

Nampak sejumlah santri lansia khusyuk membaca Alquran di Masjid Agung Payaman pada Sabtu (25/3/2023) pagi WIB. Ada juga beribadah salat, atau sekadar istirahat di dekat masjid.

Terdapat beberapa Banser NU yang berjaga di depan Masjid Agung Payaman untuk membantu para jemaah, salah satunya saat menyebrang di Jalan Magelang-Semarang.

Pengasuh Ponpes Sepuh Payaman, Kiai Mafatihul Huda mengungkap ada 150 santri lansia yang terdiri dari 100 santri khusus bulan Ramadhan dan 50 santri reguler. Terdapat 40 santri laki-laki dari total 150 santri.

Para santri ini belajar diantaranya tafsir, fikih, tasawuf, hadits, dan melakukan shalat tahajud setiap malam. ”Hampir setiap salat lima waktu diikuti pengajian untuk menyampaikan materi-materi tersebut,”  katanya, Sabtu (25/3/2023).

Dalam pembelajarannya, jelas Huda, ponpes lansia ini lebih menekankan pada menenangkan hati dan kedisiplinan seperti berjamaah, salat bersama, hidup bersama.

”Jadi bukan harus menulis terus dikasih rapor, tidak. Tetapi langsung pada pengamalan dan contoh. Baca Alquran diberi contoh yang benar, diajari salat yang benar, wudhu yang benar dan lainnya,” jelas dia.

Salah satu santri Siti Khotijah, 68, mengaku senang mendalami agama Islam di Ponpes Putri Sepuh Masjid Agung Payaman. ”Senang tambah pengalaman. Di sini terus ngaji, tambah teman,” ujarnya. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: