Mengapa Kecoa Terbang? Berikut Penjelasannya

BNews—MAGELANG— Jika melihat kecoa berjalan mendekati kita, apa yang teman-teman lakukan?. Kebanyakan orang akan berlari menghindar, bahkan menjerit ketakutan saat melihat kecoa.

Apalagi ketika melihat kecoa terbang, membayangkan hewan ini menempel di tubuh saja sudah mengerikan. Sebenarnya, apa yang menyebabkan kecoa terbang, ya? Berikut penjelasannya.

Menurut Jules Silverman, seorang ahli serangga dan profesor di North Carolin State University, kecoa itu sama seperti serangga lainnya, yaitu berdarah dingin.

Ini artinya, aktivitas kecoa dapat meningkat di suhu udara yang panas. Udara panas ini bisa memancing kecoa untuk terbang.

Makhluk hidup yang berdarah dingin biasanya mengharapkan panas dari luar tubuhnya (eksternal) untuk menjaga tubuhnya tetap hangat. Nah, salah satu caranya adalah dengan terbang, mencari tempat yang lebih hangat.

Kemudian, di kota besar, kecoa dapat dengan mudah menemukan sumber makanan mereka tanpa harus terbang. Sehingga, kecoa jarang menggunakan ototnya untuk terbang.

Namun, di saat suhu udara sedang panas, kecoa serasa mendapatkan energi untuk terbang ke sana ke mari.

Kecoa terbang pun karena berbagai alasan. Misalnya untuk mencari pasangan, mencari makanan, atau untuk melarikan diri dari pemangsanya.

Sebenarnya kemampuan kecoa dalam hal terbang tidak sehebat kupu-kupu, lo. Terkadang kecoa bisa mengepakkan sayap, tapi lebih sering terbang dengan meluncur saja.

Kecoak terbang ini memang tidak berbahaya. Hanya saja, tak sedikit orang yang merasa takut dan terganggu. (*)

Sumber: bobo.grid.id

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: