Hotel Safira Magelang Ditutup, Fokus untuk Isolasi Terpusat Pasien Covid-19

BNews—MAGELANG— Hotel Safira dipastikan ditutup untuk umum mulai Minggu, (20/6). Hotel berkapasitas 104 tempat tidur dengan 52 kamar di tiga lantai ini dialihfungsikan sebagai tempat isolasi terpusat Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Joko Budiyono menyampaikan, dibukanya Hotel Safira karena tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit rujukan Covid-19 mulai penuh. Bed Occupancy Rate (BOR) atau BOR karantina terpusat di Hotel Borobudur yang difungsikan sejak 15 Juni 2021 saat ini telah penuh alias terisi seratus persen. 

”Mulai hari ini (Sabtu), kita buka. Saya tinjau langsung di lokasi (Hotel Safira) guna melihat sejauh mana persiapannya,” kata Joko.

Joko menjelaskan bila kondisi isolasi terpusat bagi pasien Covi-19 di Hotel Borobudur sudah penuh sejak Sabtu (19/6). Penyebabnya lonjakan besar kasus Covid-19.

”Pekan ini termasuk yang terbesar sejak kasus pertama ditemukan Maret 2020 lalu,” jelasnya.

”Sejak Senin (14/6) hingga Sabtu (19/6), ditemukan lebih dari 200 kasus. Padahal sebelumnya, konsisten hanya belasan. Dan paling banyak 80-an perminggu, tapi sekarang sudah tiga digit,” sambungnya.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Magelang ini menyebut, isolasi terpusat lebih terawasi dan terpantau karena dijaga 24 jam. Pemerintah Kota juga Magelang mengerahkan perlindungan masyarakat (linmas), dokter puskesmas dan tenaga kesehatan untuk memantau.

”Tim juga memperhatikan asupan makanan, harus makan tiga kali sehari. Tidak usah khawatir karena biayanya sudah ditanggung APBD Kota Magelang,” sebut Joko.

Disinggung kondisi RSUD Tidar, Joko menerangkan jika kapasitas RS berpelat merah ini hampir penuh. Meski hanya menangani pasien Covid-19 bergejala sampai berat saja.

”Kondisi di RSUD Tidar sudah penuh. Tenaga kesehatan sedang fokus untuk treatment pasien supaya gejalanya semakin turun, sehingga kita arahkan ke RS Budi Rahayu. Kalau semakin membaik kita arahkan isolasi terpusat di hotel,” pungkasnya. (ifa/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: