Booming.. 7 Jenis Ikan Cupang Cocok untuk Dipelihara

BNews—MUNGKID— Indonesia memiliki potensi kekayaan laut yang besar. Berbagai macam jenis ikan dapat ditemui di lautan Indonesia, mulai dari ikan yang layak dikonsumsi hingga ikan hias.

Di samping itu, Indonesia juga memiliki berbagai jenis ikan hias yang dihasilkan dari air tawar, salah satunya ikan cupang. Ikan cupang memiliki berbagai macam jenis dan bentuk yang beraneka ragam.

Ikan ini juga dapat ditemui di beberapa negara di Asia, seperti Thailand, Malaysia, Vietnam, Singapura dan Brunei Darussalam. Secara umum, ikan cupang terbagi menjadi tiga golongan; yaitu cupang hias, cupang aduan dan cupang liar.

Harganya yang cukup mahal rasanya pantas  jika dibandingkan dengan keindahan warna dan bentuknya. Maka tidak ada salahnya jika jika ditekuni dengan serius, memelihara atau budidayaikan cupang berpotensi menjadi ladang bisnis menggiurkan

Berikut 7 jenis ikan cupang yang cocok dipelihara hingga dibudidaya:

Ikan Cupang Fancy

Fancy merupakan jenis ikan cupang yang cukup terkenal di kalangan penggemarnya. Ikan cupang fancy memiliki keunggulan kombinasi warna yang cantik seperti lukisan. Semakin menarik warnanya harganya semakin mahal. Ikan Cupang Fancy berkisari Rp100 ribu hingga Rp2 juta.

Ikan Cupang Giant

Ikan cupang giant merupakan hasil persilangan dari berbagai macam jenis ikan cupang yang memiliki bentuk badan yang lebih besar dibandingkan lainnya. Ikan cupang giant dikenal memiliki sifat yang agresif, sehingga cocok digunakan sebagai ikan cupang aduan. Ikan berukuran 10-15 sentimeter ini bisa kamu miliki dengan harga Rp500 ribu hingga Rp1 juta.

Ikan Cupang Plakat

Ikan hias ini berasal dari Thailand dengan ciri khas sirip dan ekornya yang pendek. Umumnya ikan cupang plakat memiliki ukuran yang besar dan warnanya tidak terlalu mencolok.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (Klik di sini)

Tubuhnya yang kokoh dan besar menjadikan ikan cupang plakat sangat cocok dijadikan sebagai petarung. Selain itu, ikan ini juga bergerak sangat agresif apabila melihat musuh di dekatnya. Harga yang ditawarkan untuk satu ikan cupang plakat berkisar Rp50 ribu hingga Rp2 juta.

Ikan Cupang Double Tail

Ikan cupang double tail terkenal dengan sebutan bulan sepotong. Hal ini karena ikan cupang double tail memiliki warna yang sangat mencolok dengan ekornya yang ganda. Ikan ini menjadi salah satu jenis ikan cupang yang banyak dicari, namun cukup sulit untuk dibudidayakan.

Ikan cupang double tail memiliki variasi warna yang beragam, oleh karena itu ikan ini juga cukup langka di pasaran. Maka tak heran apabila memiliki harga yang cukup mahal, yaitu berkisar Rp100 ribu hingga Rp2 juta.

Ikan Cupang Halfmoon

Ikan cupang halfmoon memiliki bentuk ekor dan sirip yang mirip dengan bulan sabit. Jenis ikan cupang ini merupakan hasil perkawinan yang dilakukan oleh ilmuwan di Amerika Serikat. Bentuknya yang unik dan memiliki warna yang indah menjadikan harga ikan cupang berkisar Rp50 ribu hingga Rp500 ribu

Ikan Cupang Slayer

Salah satu jenis ikan cupang yang paling banyak dipelihara ialah cupang slayer. Ikan ini merupakan hasil perkawinan antara ikan cupang halfmoon dan serit. Bentuk dan warnanya yang indah menjadikan ikan cupang slayer cukup digemari oleh semua kalangan.

Ikan cupang slayer juga relatif mudah didapatkan. Biasanya ikan ini banyak di jual di pasaran maupun di sekolahan. Selain itu, harga jenis ikan cupang ini tidak terlalu mahal, yaitu berkisar Rp25 ribu hingga Rp300 ribu.

Ikan Cupang Serit

Jenis ikan cupang yang cocok untuk dipelihara berikutnya ialah cupang serit. Bentuknya yang seperti kipas, menjadikan cupang jenis ini menjadi daya pikat bagi para penggemarnya. Harganya cukup terjangkau yakni mulai Rp60 ribu hingga Rp300 ribu. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: