Mengetahui Penyebab Kulit Wajah Kering dan Cara Merawatnya

BNews—TIPS— Kulit wajah yang kering bisa terjadi akibat hormonal, faktor usia, sinar matahari, radikal bebas, dan bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik.

Berikut ini beberapa penyebab yang memicu kondisi kulit kering yang perlu kamu tahu

  • Cuaca panas maupun dingin dapat menyebabkan berkurangnya kadar air pada kulit yang memicu kulit kering.
  • Berlebihan menggosok tubuh saat melakukan scrubbing.
  • Penggunaan sabun yang tidak sesuai dengan jenis kulit.
  • Alergi terhadap kandungan kimia pada sabun untuk mencuci pakaian.
  • Mengidap gangguan kulit, seperti eksim.
  • Bertambahnya usia.
  • Kurang mengonsumsi air putih dan makanan bernutrisi.
  • Sedang menjalankan pengobatan tertentu yang dapat menyebabkan efek samping kulit kering.
  • Terlalu banyak terpapar sinar matahari secara langsung.
  • Memiliki kebiasaan merokok.

Nah berikut berbagai cara merawat kulit kering sehingga terjaga kelembapannya.

1. Hindari paparan sinar matahari secara langsung

Paparan sinar matahari dalam waktu yang cukup lama dapat menyebabkan kulit kehilangan keelastisitasan dan minyak alaminya. Kondisi ini berisiko membuat kulit menjadi kering, kusam, dan muncul kerutan halus.

2. Cuci muka dengan air dingin

Sebaiknya hindari sering-sering mencuci wajah dengan menggunakan air hangat, karena dapat menghilangkan kelembapan alami pada kulit wajah. Kondisi ini justru membuat kulitmu yang kering semakin parah.

Sebagai cara merawat kulit kering yang tepat, sebaiknya cuci wajah kamu menggunakan air dingin atau air suhu ruang. Kamu sebaiknya menggunakan air hangat ketika sedang membersihkan komedo atau wajah yang berjerawat.

3. Melakukan eksfoliasi

Kulit akan terus membuat sel baru dan melepaskan sel kulit mati. Ketika sel kulit mati menumpuk pada wajah, kondisi ini bisa memicu kulit yang kusam dan kering.

Salah satu metode merawat kulit kering adalah dengan cara perawatan eksfoliasi. Perawatan ini membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah sehingga wajah lebih sehat. Eksfoliasi terkenal dengan dua jenis yang berbeda, yaitu mechanical exfoliator dan chemical exfoliator.

4. Gunakan sabun khusus pembersih wajah

Cara merawat kulit kering selanjutnya dengan membersihkan wajah minimal dua kali sehari. Namun, jangan gunakan sabun mandi untuk mencuci wajah, karena kadar pH yang terkandung dalam sabun mandi kurang cocok untuk kulit wajah. Jadi, pastikan kamu membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah yang khusus untuk kulit kering.

5. Gunakan pelembap atau skincare

Gunakan pelembap atau skincare setiap habis membersihkan wajah. Sama seperti sabun pembersih wajah, pilihlah pelembap yang khusus untuk kulit kering dan kusam. Sebab biasanya terdapat formula khusus skincare untuk kulit kering.

6. Penuhi nutrisi untuk kulit

Cara merawat kulit kering selanjutnya dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat yang mengandung nutrisi. Penuhi nutrisi yang kulit butuhkan dengan mengonsumsi makanan sehat mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Kurangi konsumsi daging-dagingan, makanan junk food, serta konsumsi makanan pedas yang terlalu sering.

7. Pentingnya menggunakan krim malam

Regenerasi kulit atau pergantian sel kulit mati dengan sel kulit baru terjadi pada malam hari. Karena itu, kamu yang memiliki kulit wajah kering sangat dianjurkan untuk menggunakan krim malam sebagai cara merawat kulit kering.

Krim malam yang kamu gunakan dapat membantu proses regenerasi kulit. Namun, pastikan kandungan di dalam produknya sesuai dengan kondisi kulitmu.

Sumber: halodoc

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!