Mengunjungi PSMP Antasena Tempat Rehabilitasi Anak-anak “Nakal”

BNews–SALAMAN– Bagi sebagian orang, PSMP Antasena mungkin tidak banyak dikenal. Lembaga milik Kementrian Sosial ini berdiri di Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang sejak 1982 silam.

 

PSMP Antasena merupakan tempat rehabilitasi bagi anak-anak yang bermasalah. Anak-anak yang diproses pidana dengan ancaman hukuman rendah direhabilitasi di sini.

Kepala PSMP Antasena Ruh Sanyoto menuturkan saat ini, memilik 51 pegawai 12 diantaranya Pekerja sosial yang bertuga mendampingi dan membina anak. Semua pegawai berstatus PNS kementrian sosial.

Data terakhir ada 85 anak dengan berbagai macam masalah mulai dari anak proses hukum maupun non hukum yang sedang kita rehabilitasi di sini. Mereka, kata dia, berasal dari berbagai latar belakang masalah. Namun, dia enggan menyebutnya sebagai kejahatan karena perilaku menyimpang mereka adalah bagian dari hak-hak anak yang tidak dipenuhi di lingkungan.

Beberapa anak yang tinggal memiliki kasus pencurian, pelecehan sexsual, kekerasan, meresehakan lingkungan. “Sebelumnya mereka adalah korban lingkungan karena sebenarnya anak-anak ini harusnya dibentuk dalam lingkungan dan keluarga yang baik,” papar dia.

Apalagi, kata dia, mayoritas anak yang direhab berasal dari lingkungan yang kurang baik. Broken home, juga dari lingkungan sosial yang kurang baik.

Begitu masuk ke PSMP ANtasena, mereka kemudian diberikan pembinaan dengan teknologi khusus. Mulai dari pembinaan mental anak, fisik, sosial dan ketrampilan anak. “Pendekatannyha kita mulai dari memberikan motivasi, konsuling kelompok, terapi psikologis dan pendekatan agama,” papar dia.

Setelah melewati proses rehabilitasi, banyak anak yang bisa kembali ke masyarakat dengan baik. Namun terkadang juga masih ada anak yang lulus dari sini nantinya masih mengulangi perbuatannya lagi atau melakukan perbuatan menyimpang lainnya sehingga harus masuk kesini lagi.

“Kadang anak yang mengulang kembali setelah lulus dari sini cuman sekali tidak lebih, mau yang proses hukum ataupun rujukan kembali,” tegasnya. (BSN)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: