Merapi Muntahkan Awan Panas Sejauh 1,2 Km

BNews—SLEMAN— Gunung Merapi kembali keluarkan awan panas dengan jarak luncur 1,2 km dini hari tadi (14/5). Untuk jalur luncuran masih mengarah ke hulu kali Gendol Sleman Yogyakarta.


Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan, awan panas guguran terjadi pada pukul 01.57 WIB. “Awan panas tercatat di seismogram dengan amplitudo 60 mm dan durasi 121.6 detik,” katanya.

Advertisements




Dia menjelaskan, luncuran awan panas guguran ini masih dalam batas yang aman dari rumah penduduk lereng Merapi. Jarak aman berada lebih dari radius 3 km dari puncak Merapi.

“Saat ini status Merapi masih waspada atau level II sejak ditetapkan pada 21 Mei 2018 lalu,” imbuhnya.



Untuk kemungkinan terjadinya hujan abu dijelaskan, bahwa itu tergantung kecepatan angina dan arah angina itu sendiri. “Kami himbau untuk warga sekitaran merapi, khususnya wilayah Sleman untuk antisipasi dengan menggunakan masker saat beraktifitas,” jelasnya.

Diketahui sebelumnya pada tanggal 13 Mei 2019 Merapi juga meluncurkan lava pijar. Sejak pukul 12.00 WIB, lava pijar tercatat dua kali dikeluarkan Merapi dengan jarak luncur 600 sampai 1.400 meter. (bsn)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: