Merapi Muntahkan Awan Panas Sejauh 1,2 Km

BNews—SLEMAN— Gunung Merapi kembali keluarkan awan panas dengan jarak luncur 1,2 km dini hari tadi (14/5). Untuk jalur luncuran masih mengarah ke hulu kali Gendol Sleman Yogyakarta.


Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan, awan panas guguran terjadi pada pukul 01.57 WIB. “Awan panas tercatat di seismogram dengan amplitudo 60 mm dan durasi 121.6 detik,” katanya.


Dia menjelaskan, luncuran awan panas guguran ini masih dalam batas yang aman dari rumah penduduk lereng Merapi. Jarak aman berada lebih dari radius 3 km dari puncak Merapi.

“Saat ini status Merapi masih waspada atau level II sejak ditetapkan pada 21 Mei 2018 lalu,” imbuhnya.

Untuk kemungkinan terjadinya hujan abu dijelaskan, bahwa itu tergantung kecepatan angina dan arah angina itu sendiri. “Kami himbau untuk warga sekitaran merapi, khususnya wilayah Sleman untuk antisipasi dengan menggunakan masker saat beraktifitas,” jelasnya.

Diketahui sebelumnya pada tanggal 13 Mei 2019 Merapi juga meluncurkan lava pijar. Sejak pukul 12.00 WIB, lava pijar tercatat dua kali dikeluarkan Merapi dengan jarak luncur 600 sampai 1.400 meter. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: