Meuforia Tech Expo 2021, Pameran Hasil Karya Mahasiswa Fakultas Teknik Untidar Magelang

BNews—MAGELANG— Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik Universitas Tidar (Untidar) Magelang menggelar acara tahunan Meuforia Tech Expo. Tema yang diangkat tahun ini adalah “Appropriate Technology for Society”.

Acara ini dilaksanakan di gedung  auditorium Dr. H.R. Suparsono Untidar pada pada Senin (22/11/2021).  

Ketua panitia Rozan Alifian, menjelaskan bahwa Meuforia Tech Expo merupakan salah satu serangkaian acara dari Mechanical Engineering Euforia (MEUFORIA) 2021. Meuforia sendiri di selenggarakan dalam rangka menyambut ulang tahun Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik Untidar. Meuforia Tech Expo ini berisikan hasil karya dari Mahasiswa Fakultas Teknik Untidar.

“Spesifikasi alat yang di pamerkan ada yang di peruntukan untuk lomba, seperti: mobil hemat energi, kapal cepat tak berawak. Serta alat-alat yang di buat untuk memudahkan pekerjaan dari masyarakat, seperti: mesin penyuling biji kopi, mesin press permen berbasis pneumatik untuk pakan hewan ternak, dan Car RoliFlow Tracking. Alat Bantu Jalan Tuna Netra, Cnc Engraving Machine, Autofeedfish dan masih ada puluhan mesin dan alat-alat lainnya,” jelasnya.

Mahasiswa Teknik Mesin ini menambahkan, maksud dan tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk memperkenalkan ke masyarakat luas, bahwa Mahasiswa Untidar dapat mengimplementasikan ilmu yang sudah dipelajari dengan menghasilkan karya untuk kepentingan masyarakat luas.

“Harapan kami, acara Meuforia Tech Expo dapat menjadi sarana bagi mahasiswa Untidar, khususnya mahasiswa S1 Teknik Mesin, untuk mengembangkan potensi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, dan juga hasil karya dari Mahasiwa Untidar dapat membantu masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Download Aplikasi BorobudurNews (Klik Disini)

Kepala Jurusan S1 Teknik Mesin Untidar, Trisma Jaya Saputra menyampaikan bahwa semua hasil karya yang dipamerkan ini patut diapresiasi. “Mahasiswa jangan ragu dan tetap semangat dalam berinovasi. Mari kita sama-sama tunjukkan, bahwa mahasiswa Untidar dapat menciptakan alat yang aplikatif dan bersumbangsih bagi masyarakat luas.” imbuhnya.

Ikhwan Taufik selaku dosen Prodi Teknik Mesin yang juga pembimbing beberapa karya mahasiswa yang dipamerkan memberikan penjelasan. Bahwa karya yang ditampilkan ini adalah tugas matakuliah yang harus dipenuhi oleh mahasiswanya.

“Sesuai visi Untidar sebagai kampus yang unggul dalam kewirausahaan, Mahasiswa memang saya tuntut untuk menciptakan sebuah alat di akhir semester, dan harus bisa mempertanggungjawabkan fungsi dan manfaat alat tersebut bagi masyarakat,” ujarnya.

Meuforia Tech Expo ini dihadiri Mahasiswa Untidar, Masyarakat Umum, dan Dosen. Acara berjalan sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Satgas Covid Universitas Tidar. Total pengunjung Meuforia Tech Expo kali ini mencapai lebih kurang 500 orang dan menggunakan jadwal untuk memasuki area Expo. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: