Mirip di Tibet, Ini Profil Dusun Tertinggi di Kabupaten Magelang

BNews—KALIANGKRIK— Kabupaten Magelang dikeliling oleh lima gunung. Salah satunya adalah Gunung Sumbing yang berbatasan dengan Kecamatan Kaliangkrik dan Windusari. Tingginya lebih dari Puncak Gunung Andong.

Nah, di lereng gunung itu, ada sebuah dusun yang merupakan dusun tertinggi di Kabupaten Magelang. Namanya Dusun Butuh. Masuk di Desa Temanggung Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang.

Advertisements
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});


Dusun ini ada di ketinggian 1700 meter diatas permukaan laut. Suasana di dusun ini pun sangat dingin. Saat borobudurnews datang sekitar pukul 12.00 siang, kabut sedang turun. Dingin.

“Ini adalah dusun tertinggi di Kabupaten Magelang. Lebih tinggi dari Gunung Andong,” kata Lilik Setiyawan, Kadus Butuh.


BACA JUGA : Kontroversi Disertasi Mahasiswa UIN Jogja Halalkan Hubungan Intim Di Luar Nikah

Di dusun itu ada lebih dari 3000 warga yang tinggal. Rumahnya berada di pereng bukit. Setiap rumah berdekatan satu sama lain.

Warga setempat banyak yang bekerja sebagai petani. Mayoritas memanfaatkan lahan di sekitar rumah untuk bercocok tanam. Banyak tanaman sayuran. Tak sedikit pula tanaman rempah-rempah.

Dusun Butuh ini merupakan pintu gerbang naik ke Gunung Sumbing. Sejumlah warga juga berkecimpung di dunia wisata adventure pendakian. “Disini ada basecamp pendakian ke Gunung Sumbing. Ramai kalau akhir pekan,” kata dia. (bn1/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: