Mitos atau Fakta, Minum Air Kelapa Bisa Atasi Keracunan? Ini Jawaban Ahli

BNews—NASIONAL— Air kelapa dipercaya bisa mengatasi keracunan. Namun, apakah hal itu benar?

Dilihat dari kandungan gizinya, dalam setiap satu cangkir air kelapa memiliki kandungan. Seperti 10,4 gram gula, 43,6 natrium, 43,6 kalori, vitamin B kompleks, vitamin C, kalsium, magnesium, kalium dan fosfor.

Menurut ahli gizi Therese Bonnani, RD, air kelapa mengandung banyak elektrolit daripada minuman lain seperti jus buah. Lalu apakah hal ini berkaitan dalam meredakan kasus keracunan?

Salah satu bentuk efek keracunan adalah diare. Hal ini membuat penderita kehilangan banyak cairan dan merasa dehidrasi parah. Sayangnya, air putih saja tidak cukup untuk mengembalikan cairan elektrolit yang hilang.

Kandungan elektrolit kelapa yang tinggi akan mengembalikan cairan tubuh yang hilang sehingga diare bisa segera pulih. Selain itu, berbagai kandungan nutrisi lainnya dapat membantu proses detoksifikasi untuk membuang racun di dalam saluran pencernaan.

”Rasa manis air kelapa juga dapat meredakan rasa mual dan muntah, serta dapat membantu meningkatkan energi tubuh,” kata Bonnani.

Meski demikian, air kelapa bukanlah obat penyembuh keracunan melainkan sebagai pertolongan pertama atau pereda gejala keracunan saja. Untuk dosisnya, para ahli gizi menyarankan meminum air kelapa sekitar satu hingga dua gelas.

”Setelah itu, korban keracunan sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lanjutan. Terutama jika gejala keracunan masih belum reda,” pungkasnya. (ala/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: