Mitos Joko Tarub dan Bidadari di Sekar Langit Grabag

BNews—GRABAG- Masyarakat Magelang pasti tahu air terjun sekar langit yang berada di wilayah sisi utara Magelang ini. Lokasi tepatnya di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, dimana air terjun ini memiliki kisah yang menarik.

Diceritakan, air terjun ini dulunya adalah tempat mandi seorang bidadari bernama Nawangwulan saat ia sedang turun ke Bumi. Saat sedang asik mandi di bawah air terjun, ada seorang penghuni Bumi bernama Joko Tarub yang iseng mencuri selendang sang bidadari tersebut.

Advertisements


Tak pelak, sang putri pun tak bisa kembali ke langit karena tidak punya busana selain selendang yang dicuri oleh Joko Tarub. Selain itu, selendang juga tersebut juga merupakan sumber kekuatan Nawangwulan. 


Singkat cerita, Nawangwulan akhirnya menetap di Bumi dan menjadi istri Joko Tarub. Dan mereka berdua hidup berbahagia.

Sedikit banyak, cerita legenda ini turut membuat orang-orang menjadi penasaran untuk datang ke Air Terjun Sekar Langit untuk melihat lebih dekat air terjun legendaris ini. Konon bagi orang-orang yang masih single atau jomblo, jika mandi disini akan memperlancar mendapat jodohnya.

Nama dari Sekar Langit yang disematkan pada air terjun ini sebenarnya sudah ada sejak lama sekali, bahkan sejak zaman kolonial Belanda. Dahulu para pejabat kolonial Belanda seringkali mandi di air terjun ini di sore hari.

Dipercaya air di Air Terjun Sekar Langit ini dapat melancarkan aliran darah karena tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Kegiatan ritual pun masih kerap dilakukan di sini, terutama di petilasan pertapaan Jaka Tarub.

Masih ditemukan bunga dan dupa di lokasi itu. Entah ritual seperti apa yang dilakukan di sini, tetapi setiap ritual akan selalu didampingi oleh juru kunci yang bisa mempertemukan pelaku ritual dengan penunggu salah satu ait terjun di Magelang ini.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS GRATIS (KLIK DISINI)

Misteri Air Terjun Sekar Langit lainnya kata juru kunci adalah cukup seringnya muncul penampakan di sore hari. Penampakan yang muncul biasanya adalah sesosok wanita dengan pakaian seperti bidadari dan ikut menyertai pengunjung saat selfie atau berfoto. Tidak ada larangan khusus di sini, hanya juru kunci berpesan agar menjaga sikap dan tutur kata.

Air Terjun Sekar Langit sendiri berada di daerah pinggiran Magelang. Lokasi air terjun ini berada di lereng Gunung Telomoyo, sebuah gunung yang berada di antara wilayah Kabupaten Semarang, Kota Salatiga dan Kabupaten Magelang.

Selain bisa diakses dari kota Magelang, air terjun ini juga sangat mudah jika diakses dari Kota Salatiga. Sebagaimana tempat wisata di daerah pegunungan pada umumnya, suasana di sekitar Air Terjun Sekar Langit terasa sangat sejuk dan menyegarkan. Gemuruh suara air terjun akan langsung menyambut begitu kita sampai di lokasi air terjun.

Air terjun ini sebenarnya tidak terlalu tinggi. Hanya sekitar 25 meter. Namun pesonanya tetap mampu membuat banyak orang ingin datang kesana.

Apalagi ada sebuah cerita legenda yang melatar belakanginya. Tepat di bawah air terjun terdapat sebuah telaga yang dulunya merupakan tempat mandi Nawangwulan. Airnya tentu saja sangat segar khas air pegunungan. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: