Mobil Pengusaha Tekstil Diberondong Tembakan, Ini Motif Pelaku

BNews—SOLO—Jajaran Polresta Surakarta berhasil mengamankan pelaku penembakan sebuah mobil Alphard milik pengusaha tekstil. Peristiwa penembakan sendiri terjadi di Jalan Monginsidi, Kecamatan Banjarsari, Solo, Rabu (2/12/20) lalu.

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengungkapkan motif tersangka murni karena masalah bisnis. Polisi kini menetapkan tersangka LJ, 72, yang tak lain adalah adik ipar korban berinisal I, 72.

”Awal mula masalah tersebut terjadi sekitar tahun 2008 silam. Dimana tersangka ini mengangunkan aset berupa tanah dan bangunan yang berlokasi di Jateng, Karanganyar ke pihak bank,” ungkapnya, Jumat (4/12/20).

Dia menjelaskan, tersangka ini tidak bisa membayar ansuran tersebut, akhirnya pihak bank menyita aset dan melelang aset tanah dan bangunan tersebut. Kemudian lelang dimenangkan oleh korban I senilai Rp10 miliar.

”Tersangka ini mendapat informasi dari temannya, jika aset lelang tanah dan bangunan milik tersangka bisa bernilai Rp26 Miliyar,” jelasnya.

Dari situlah, kemudian tersangka mengklaim jika korban I memiliki hutang kepadanya senilai Rp 16 Miliyar. Bahkan tersangka beberapa kali berusaha untuk menagih uang tersebut kepada korban.

”Dari itulah motif pelaku dalam melakukan tindakan tersebut,” papar Ade

Loading...

Lebih lanjut, Ade menyampaikan bahwa korban bermaksud mengikuti lelang karena ingin membantu tersangka. Sebab korban menyayangkan apabila aset itu jatuh ke tangan orang lain, mengingat istri dari tersangka adalah adik kandung dari korban.

”Padahal dengan diagunkannya aset tanah dan bangunan milik tersangka dan kemudian dimenangkan oleh korban sebenarnya hubungannya itu sudah tidak ada,” ungkapnya

Tambah Ade,  tersangka terancam dijatuhi Pasal 340 KUHP juncto Pasal 53 KUHP dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara. “Dimana adanya rencana atau tindak pidana pembunuhan yang mana belum sempat terjadi bukan karena itikad kemauan pelaku. Tapi karena reaksi dari saksi yang pada saat itu melajukan kendaraannya untuk menghindari tembakan pelaku,” pungkasnya.

Sebagai informasi, aksi penembakan itu terjadi pada Rabu (2/12/2020) siang di jalan Monginsidi Solo. Untungnya delapan kali tembakan, hanya mengenai bodi mobil Toyota Alphard warna hitam Nopol AD 8945 JP. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: