Ngabuburit Virtual Bisa Dilakukan Ditengah Pademi Corona, Begini Caranya

BNews–TIPS– Puasa kali dilaksanakan umat islam di Indonesia dalam suasana pademi virus corona yang banyak kebijakan yang mengaturnya. Sehingga tradisi dalam puasa satu ini akan sulit dilakukan, yakni Ngabuburit.

Ngabuburit adalah sebuah waktu atau moment setiap sore hari bagi masyarakat yang menunggu waktu buka puasa. Namun karena keadaan pademi corona, kegiatan ini tidak bisa dilakukan seperti bisa.

Namun, Borobudurnews.com akan memberikan trik tradisi tersebut tetap bisa dilakukan. Yakni kalian bisa melakukan Ngabuburit Virtual bersama siapapun diluar sana.

Walaupun begitu, kamu tetap bisa ngabuburit secara virtual melalui ponsel dengan media sosial dan internet sebagai mediumnya. Ide ini juga muncul dan diadaptasi dari aktivitas-aktivitas yang sempat viral selama ini di media sosial.

Nah, buat kamu yang mulai bertanya-tanya, apa saja aktivitas yang bisa dilakukan saat ngabuburit virtual, simak penjelasannya berikut ini.

Melakukan Video Call atau Zoom Meeting

Kegiatan pertama yang bisa dilakukan saat ngabuburit virtual adalah dengan melakukan panggilan video call atau meeting lewat zoom bersama keluarga dan teman-temanmu. Tentunya aktivitas ini sangat menyenangkan dan menghibur, walaupun terbatas jarak tetapi kamu tetap bisa berbincang banyak dengan mereka.

Selama komunikasi meeting berlangsung, kamu dan yang lainnya bisa mengisi waktu dengan saling bercerita dan berbagi pengalaman. Dengan cara ini, kamu tidak hanya mengusir sepi tetapi juga bisa mendapatkan pengetahuan baru dari cerita-cerita teman-temanmu.

Bermain Game Online

Kedua, aktivitas yang bisa kamu lakukan saat ngabuburit virtual adalah bermain game online. Saat ini ada banyak aplikasi permainan yang bisa dimainkan bersama-sama, lebih dari dua orang. Kamu bisa menggunakannya untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa dengan bermain game online.

Bermain game online bersama-sama pasti membuatmu lupa waktu hingga tak terasa adzan sudah berkumandang. Kegiatan ini juga bisa menghilangkan stres akibat terlalu lama berdiam diri di rumah. Pastinya keseruan yang kamu rasakan saat bermain game online bisa membuatmu bahagia dan tertawa.

Melakukan Live Instagram

Selanjutnya, aktivitas ngabuburit virtual juga bisa kamu isi dengan aktif di media sosial, salah satunya Instagram. Jika tadi zoom meeting diisi dengan orang-orang terdekatmu seperti keluarga dan teman, pertemanan Instagram pasti lebih luas lagi.

Kamu bisa melakukan live Instagram, ada banyak fitur-fitur live terbaru di Instagram yang bisa kamu coba. Beberapa ide saat live Instagram misalnya membuat Q and A atau kamu sambil membuat semacam tutorial. Pasti dari live Instagram aka nada banyak orang yang merespon dan berinteraksi denganmu.

Bermain TikTok

Akhir-akhir ini, orang-orang sering bermain tiktok untuk mengisi waktu kosong saat menjalani social distancing. Berbagai macam konten kreatif pun dapat dilihat dan dicoba dengan menggunakan aplikasi ini.

Mulai dari video dance hingga video meme yang memancing gelak tawa, pastinya bermain aplikasi ini bisa kamu jadikan alternatif untuk ngabuburit virtual. Selain menyenangkan untuk dirimu sendiri, bermain aplikasi tiktok juga bisa membuat orang lain terhibur.

Belanja Online

Terakhir, aktivitas ngabuburit virtual yang bisa kamu lakukan adalah belanja online. Namun, makna belanja online disini jangan dipahami seperti belanja barang-barang karena pasti itu membuatmu boros. Maksud dari belanja online disini ialah berburu dan membeli makanan di via online seperti gofood dan grabfood.

Biasanya pada saat ngabuburit, kita akan berkeliling dan membeli jajanan untuk disantap saat berbuka puasa. Mengingat situasi sedang tidak aman, maka kamu bisa berbelanja makanan dan jajanan secara virtual melalui aplikasi online. Dengan begitu, kamu tetap bisa menikmati jajanan yang ada didekat rumahmu tanpa harus keluar rumah.

Selamat mencoba ya …. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: