NGERI !!! Warga Indonesia Jadi Peringkat Pertama Dunia Dalam Kecanduan Hal ini

BNews-NASIONAL- Data terbaru menunjukkan bahwa penduduk Indonesia telah mengalami kecanduan yang parah terhadap HP. Sekali lagi, warga Indonesia menempati peringkat pertama dalam hal waktu yang dihabiskan menatap layar HP.

Dalam laporan State of Mobile 2024 yang dirilis oleh Data.AI, penduduk Indonesia telah menjadi pengguna yang paling lama menghabiskan waktu dengan perangkat mobile seperti HP dan tablet pada tahun 2023, dengan rata-rata 6,05 jam setiap hari.

Penduduk Indonesia merupakan satu-satunya masyarakat yang menghabiskan lebih dari 6 jam setiap hari untuk menggunakan HP. Di posisi kedua, terdapat warga Thailand yang hanya menghabiskan waktu 5,64 jam per hari. Sedangkan Argentina berada di posisi ketiga dengan rata-rata 5,33 jam per hari.

Namun, kecanduan terhadap HP di Indonesia sebenarnya tidak seburuk pada tahun 2022. Pada tahun 2022, penduduk Indonesia menghabiskan waktu hingga 6,14 jam per hari menatap layar HP dan tablet.

Indonesia juga menempati salah satu posisi teratas dalam hal jumlah unduhan aplikasi. Data.AI menempatkan Indonesia di peringkat ke-5 dalam hal unduhan aplikasi, dengan jumlah sekitar 7,56 miliar unduhan selama tahun 2023.

Dalam hal unduhan, warga China tidak memiliki saingan. Dalam waktu satu tahun, warga China telah mengunduh aplikasi sebanyak 113,41 miliar kali.

Meskipun Indonesia berada di peringkat pertama dalam penggunaan HP, namun bukan berarti Indonesia juga berada di peringkat pertama dalam penggunaan aplikasi mobile. Penduduk Indonesia “hanya” menghabiskan 415 miliar jam di aplikasi mobile sepanjang tahun 2023, sehingga berada di posisi ketiga.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Negara dengan penggunaan aplikasi mobile yang paling tinggi adalah India. Warga India telah menghabiskan waktu sebanyak 1,19 triliun jam menggunakan aplikasi mobile.

Jika Anda merasa bahwa kecanduan terhadap HP sudah parah, jangan khawatir. Ada beberapa cara untuk mengurangi kecanduan berlebihan terhadap HP.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk menjadi lebih bijak dalam menggunakan gadget, seperti yang dikutip dari laman Alodokter:

  1. Hindari menggunakan gadget saat sedang berjalan atau berkendara. Jangan menggunakan gadget saat Anda sedang berjalan, terutama saat mengoperasikan kendaraan bermotor. Hal ini dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Jika Anda mendapatkan notifikasi penting, berhentilah sejenak dan tepikan kendaraan Anda.
  2. Atur dan batasi waktu penggunaan gadget. Untuk mencegah kecanduan, Anda dapat membatasi waktu penggunaan gadget, misalnya maksimal tiga jam per hari. Jika pekerjaan mengharuskan Anda untuk menggunakan gadget, cobalah untuk mencari aktivitas lain yang tidak menggunakan gadget setelah selesai bekerja.
  3. Jangan menggunakan gadget saat sedang bersama orang lain. Lakukan komunikasi secara langsung agar Anda dan lawan bicara dapat fokus dalam berbincang.
  4. Tentukan area bebas gadget. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat mencegah kecanduan. Anda hanya perlu mematuhi peraturan yang Anda tetapkan sendiri, misalnya tidak menggunakan gadget ketika berada di kamar mandi, dapur, atau kamar tidur.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan waktu yang biasanya digunakan untuk menggunakan gadget untuk melakukan aktivitas yang lebih sehat, seperti berolahraga atau membaca buku. Hindari penggunaan gadget ketika akan tidur.

Tips-tips di atas juga dapat diterapkan kepada anak-anak. Pastikan untuk mendampingi anak-anak saat menggunakan HP agar kebiasaan ini tidak mengganggu aktivitas belajar dan prestasi akademik mereka. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: