NU Magelang Berduka, Pengasuh Ponpes Salamkanci KH Misbachul Munir Wafat

BNews—SALAM— Kabar duka datang dari keluarga Nahdlatul Ulama Kabupaten Magelang. Pengasuh Pesantren Markazul Falakiyyah Salamkanci Bandongan, Kiai Haji Misbachul Munir, wafat diusia 78 tahun.

Informasi yang peroleh Borobudur News, KH Misbachul Munir meninggal dunia pada Selasa (10/11). Dan dimakamkan di Pemakaman Umum Pakuncen Dusun Semali Salamkanci, Bandongan, Kabupaten Magelang, Rabu (11/11) pukul 10.30 WIB.

Wakil Katib Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Magelang KH Abdul Aziz Idris menuturkan, Mbah Munir merupakan sosok yang cukup unik. Yakni almarhum yang semenjak masih anak-anak sudah akrab dengan Ilmu Falak atau dikenal dengan Ilmu Perbintangan.

”Ketika sebagian santri dan kiai menganggap Falak sebagai momok, KH Misbachul Munir justru mengakrabi ilmu astronomi itu sejak masih anak-anak,” tuturnya.

Bahkan, sosok Mbah Munir saat pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) NU di Pesantren Krapyak Jogjakarta termasuk salah satu yang vokal pada agenda NU itu. Sehingga, beliau ditarik ke Lembaga Falakiyah PBNU.

”Alasannya karena beliau saat itu hampir hafal ibarot-ibarot kitab yang dibuat argumentasi saat bahtsul masail,” jelasnya.

Selain itu, keunikan lain dari Mbah Munir adalah dukungannya kepada santri yang mengikuti ngaji kilatan kepadanya. ”Hal unik lain dari beliau adalah ketika ada santri yang ngaji kilatan dengan beliau, santri tersebut akan diajari dari setelah Isya sampai waktu Subuh,” pungkasnya.

Husnul Khatimah KH Misbachul Munir. Semoga beliau ditempatkan di sisi terbaik-Nya. Aamiin. (han)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: