Operasi Lilin Candi 2020 Dimulai, Patroli Skala Besar Digelar Tim Gabungan

BNews–MUNGKID– Ratusan pasukan gabungan gelar patroli skala besar di wilayah Kabupaten Magelang pagi tadi (21/12/2020). Hal ini sebagai permulaan Operasi Lilin Candi 2020 dimulai hari ini selama 15 hari kedepan.

Berbagai unsur pasukan terlibat dalam Operasi Lilin Candi 2020. “Kita terjunkan ratusan personil Polres Magelang, dibantuk dari jajaran Kodim 0705 Magelang. Ada juga dari unsur Dishub, Satpol PP, Damkar dan Linmas,” ungkap Kapolres Magelang AKBP Ronald A Purba kepada awak media.

Sebelum patroli dimulai, apel pasukan digelar di halaman Mako Polres Magelang. Seluruh perwakilan pasukan ikut dalam kegiatan tersebut. Turut hadir Bupati Magelang Zaenal Arifin beserta jajaran terkait.

Dijelaskannya, bahwa Operasi Lilin Candi 2020 ini dimulai pada tanggal 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 mendatang. “Fokus tujuannya kegiatan ini memastikan kegiatan masyarakat, seperti perayaan Natal, Tahun Baru dan Liburan bisa berjalan aman, tertib, lancar, dan sesuai protokol kesehatan,” ungkap Ronal A Purba.

Kapolres juga menyampaikan terkait ibadah Natal, pihaknya akan assesment agar tetap sesuai protokol kesehatan. “Demikian juga akan kami lakukan di tempat wisata dan hiburan akan kami pastikan protokol kesehatan berjalan lancar,” imbuhnya.

Jika terjadi pelanggaran protokol kesehatan, Ronald menyampaikan akan dilakukan proses peneguran. “Akan kita tegur, karena Perbub yang kita pakai tidak mengandung unsur denda. Jadi cuman kita tegus dan tindakan lain yang sifatnya humanis,” paparnya.

Terkait pelanggaran lalu lintas saat Operasi Lilin Candi 2020 ini, Kapolres mengeaskan bahwa sifat yang diterapkan adalah humanis. “Nanti tetap kita lalukan peneguran secara lisan dan bersifat humanis. Untuk penilangan akan diupayakan menjadi pilihan pidana terakhir,” tegasnya.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Soal keamanan, Ronald menyiapkan pasukan khusus untuk ditempatkan di obyek-obyek wisata dan gereja yang akan menjalankan ibadah Natal. “Protap anti teror tetap akan kita laksanakan. Nanti kita fleksibel, yang penting protokol kesehatan dan keamanan bisa berjalan dengan baik,” tandasnya.

Sementara Bupati Magelang Zaenal Arifin, yang datang sebagai pembina apel pasukan membacakan amanat dari Kapolri. Dimana Ia mengungkapkan hal itu akan menjadi pedoman pelaksaan pada Operasi Lilin Candi 2020 termasuk protokol kesehatan.

“Kami nanti di Pemda akan memberikan support terkait berjalannya Operasi Lilin Candi 2020 ini. Tentunya terkait untuk penanganan covid-19,” tambahnya.

Bupati juga menyampaikan bahwa masa libur ini menjadi hari-hari yang ditunggu masyarakat untuk berlibu. Namun ia berharap, masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Seperti amanat Kapolri yang saya bacakan tadi, semoga tidak ada klaster-klaster baru di masa liburan ini. Sehingga kita akan bersinergi dengan semua, termasuk Polri, TNI, Pemda dan orams-ormas di Magelang,” pungkasnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: