Tidak Perlu ke Dokter! Cukup Sentuh Jari Kaki Ini untuk Cek Kesehatan Jantungmu

BNews—NASIONAL— Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Tidak sedikit orang yang mendadak terkena serangan jantung tanpa pernah merasakan gejalanya terlebih dahulu.

Bahkan ada yang langsung meninggal dunia dalam serangan pertama. Untuk itu, banyak orang merasa waswas jika dirinya mengidap penyakit jantung.

Tidak sedikit yang terlambat ditangani karena ia sendiri sejak awal tidak tahu bahwa telah lama menderita penyakit tersebut. Padahal itu bisa dicegah bila tahu cara mendeteksi penyakit jantung tersebut.

Ada tes mudah dan sederhana untuk mendeteksi kesehatan jantung yang dapat lakukan di rumah. Salah satunya dengan menyentuh jari kaki untuk mengetahui apakah jantungmu bermasalah atau tidak.

Dalam jurnal Heart and Circulatory Physiology dijelaskan, dengan mengetes satu di antara elemen tubuh (jari kaki), seorang bisa tahu jantungnya masih tetap sehat atau tidak. Bahkan juga di tengah-tengah liburan sekalipun.

Langkahnya sangat mudah. Kamu cukup duduk di lantai dengan kaki diluruskan ke depan dan jari kaki mengarah ke atas. Lalu coba menjangkau dan menyentuh ujung jari kaki dengan tangan.

Apabila Kamu cukup fleksibel untuk menyentuh jari kaki bermakna jantungmu tetap masih sehat dan fleksibel juga.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Dalam studinya, peneliti dari University of North Texas serta beberapa peneliti Jepang merekrut 526 partisipan pada umur 20 hingga 83 tahun. Partisipan lantas ikuti tes fleksibilitas tubuh sembari diukur tekanan darah, pembuluh arteri serta aktivitas jantungnya

Akhirnya, peneliti temukan korelasi pada tubuh yang tidak fleksibel dengan pembuluh arteri yang tak fleksibel. Utamanya pada partisipan di atas umur 40 tahun.

Mereka yang gagal dalam tes fleksibilitas tubuh serta tidak berhasil meraih ujung jari kaki nyatanya memiliki pembuluh darah yang kaku. Dan artinya kemampuan jantung jadi kurang baik, efektif dan risiko penyakit jantung juga meningkat.

Peneliti Jepang Dr Yamamoto mengemukakan, jika teori pada jalinan otot punggung serta kaki dengan otot di dekat jantung masih samar-samar. Tetapi karena itu ada studi ini cukup membantu.

Kekakuan otot punggung, kaki serta pembuluh jantung yang sama-sama berhubungan karena komposisi kolagennya yang sama. ”Apabila Kamu bisa menyentuh jari kaki saat duduk lurus, berarti jantungmu masih tetap cukup baik. Tetapi apabila tidak bisa, mungkin saja Kamu perlu mendatangi kardiolog, ” katanya.

Namun Yamamoto menyampaikan tidak selama-lamanya otot kaku yaitu tandanya penyakit jantung. Hanya mungkin jantungnya kurang fit serta sehat saja dari yang seharusnya. (ala/han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: