Orang Gila di Jateng Lebih Cepat Sembuh Covid-19, Ternyata Ini Penyebabnya

BNews—JATENG— Orang Dengan Gangguan Jiwa  (ODGJ) cepat sembuh jika terinfeksi Covid-19. Faktor psikologis, yakni merasa tanpa beban dinilai mendorong para ODGJ cepat pulih.

Sebanyak 20 ODGJ di Rumah Sakit Jiwa Amino Gondohutomo, Kota Semarang, positif Covid-19. Hal inidisampaikan Direktur Utama RSJ Amino Gondohutomo Alex Jusran.

Menurut Alex, jumlah tersebut merupakan akumulasi dari hasil tracing terhadap sejumlah pasien. ”Total ada sekitar 20 ODGJ yang positif Covid,” katanya, Jumat (25/6).

Sebelumnya, ODJG yang terkena Covid-19 hanya tujuh. Namun, saat tracing jumlah yang positif menjadi 20 ODGJ. ”Kejadiannya sudah sekitar dua minggu lalu,” jelasnya.

Mereka yang positif memiliki kategori ringan, sedang dan berat. ODGJ yang terinfeksi virus corona langsung menjalani isolasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Muhammad Abdul Hakam mengatakan, tingkat kesembuhan Covid-19 pada ODGJ lebih cepat dibandingkan orang pada umumnya. Hal itu dipengaruhi kondisi psikologi ODGJ yang cenderung tidak punya beban.

”Mereka cepat sembuh dari Corona karena tidak punya beban. ODGJ kan rileks, enggak ada beban. Kalau dia terpapar pasti cepat sembuh. Dia enggak ada stresnya sama sekali,” pungkasnya. (han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: