Pandemi Covid-19, Ini Strategi BPJS Kesehatan Magelang Mengoptimalkan Layanan

BNews—MAGELANG—Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) berinovasi di tengah pandemi Covid-19, khususnya dalam hal pelayanan. Mereka mengoptimalkan pelayanan informasi secara online bagi peserta JKN.

Kabid Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Magelang Agustin Erna, menuturkan layanan online bisa diakses melalui aplikasi Mobile JKN yang diunduh via Google Play atau Care Center melalui nomor telepon 1500-400. Upaya ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid 19.

”Aplikasi ini dapat bermanfaat bagi peserta, seperti berkomunikasi dengan dokter di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat peserta terdaftar melalui menu konsultasi (chat) pada mobile JKN peserta,” tuturnya pada media ghatering di Hotel Artos Magelang, hari ini (23/7/2020)

Dia menjelaskan, kemudahan yang didapat dengan menggunakan aplikasi mobile JKN antara lain, peserta dapat mendaftar dan mengubah data, mengetahui informasi data perserta dan keluarga, informasi tagihan dan pembayaran iuran. Mendapat pelayanan fasilitas kesehatan (KIS Digital) dan dapat menyampaikan pengaduan serta permintaan informasi.

”Misalnya peserta ingin mengubah faskes atau pindah klinik/dokter, itu bisa. Kalau dulu harus ke kantor cabang, sekarang bisa lewat aplikasi ini”, Jelasnya.

Selanjutnya, peserta dapat mengecek ketersediaan ruangan (ranjang) di rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Kemudian, juga bisa mendaftar untuk berobat di FKTP melalui menu pendaftaran pelayanan di Mobile JKN.

”Terkait Covid-19, pada aplikasi ini kita bisa screening mandiri. Jadi resiko terinfeksi virus corona atau tidaknya bisa kelihatan,” paparnya

”Peserta juga bisa memanfaatkan VIKA (Voice Interactive JKN) dan CHIKA (Chat Assistant JKN). Untuk VIKA, dapat menghubungi nomor 1500-400, sementara CHIKA melalui whatshapp 0811-8750-400, telegram https://t.me/BPJSKes_bot atau melalui facebook messenger BPJS Kesehatan,” lanjutnya.

Download Aplikasi Borobudurnews Disini

Informasi yang didapat dari CHIKA, lanjut Agustin, mulai dari status kepesertaan dan tagihan iuran peserta, manfaat dan prosedur pelayanan kesehatan Program JKN-KIS, prosedur pendaftaran peserta Program JKN-KIS, prosedur dan ketentuan perubahan data peserta, lokasi fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, hingga lokasi kantor BPJS Kesehatan.

”Dengan VIKA dan CHIKA, maka informasi yang diinginkan dapat diperoleh. Jadi peserta akan tetap aman berada dirumah,” imbuhnya.

Kabid Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Magelang, Ika Wulan Ndari, menjelaskan BPJS juga mengembangkan Mobile JKN Faskes. Yakni memudahkan peserta JKN berkomunikasi dengan dokter di FKTP tempat terdaftar melalui menu konsultasi (chat).

”Sudah ada 170 Faskes Primer yang dilengkapi dengan Mobile JKN Faskes,” jelasnya.

Download Musik Keren Disini

Sementara itu, Kabid Perluasan Peserta, Pengawasan dan Pemeriksaan, Nugroho Teguh Benianto mengatakan dalam rangka mempermudah badan usaha melakukan urusan administrasi JKN-KIS karyawannya, BPJS Kesehatan meluncurkan aplikasi e-Dabu Mobile.

”Jika selama ini harus diakses melalui laptop atau personal computer (PC), aplikasi e-Dabu Mobile dapat diakses dengan mudah melalui smartphone,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: