Jokowi Promosikan Wisata “Borobudur Dari Sisi Lain”, ini Keseruannya

BNews–MAGELANG– Di Borobudur Kabupaten Magelang Jawa Tengah tidak hanya sekadar candi. Di sana ada beragam lokasi,  pemandangan, budaya, tradisi, dan kearifan yang menarik dan memanggil-manggil untuk datang berkunjung.

Apabila pandemi ini telah berlalu, kawasan Borobudur akan menyambut Anda dengan segenap pesonanya. Candi dan sisi lainnya yang tidak kalah indah dengan wilayah lainnya maupun kemegahan Candi Borobudur itu sendiir.

Seperti sebuah video yang diunggah Channel Youtube resmi Presiden Joko Widodo pada 22 Mei 2021 kemarin. Dengan judul “BOROBUDUR, DARI SISI LAIN” , yang sudah ditonto puluhan ribu pasang mata.

Disampaikan dalam video tersebut, bahwa banyak wisatawan yang belum tahu di sekitaran Candi Borobudur banyak destinasi wisata yang lain. Sehingga dibuat paket wisata Borobudur dari siis lain.

Salah satunya untuk melihat candi Borobudur dari kejauhan dan ketinggian bisa dari atas bukit Setumbu atau bahasa jawanya Punthuk Setumbu. Dari atas sana seolah melihat sisi lain candi ini. Melihat keanggunan-nya di pagi hari yang masih diselimuti kabut tebal.

Di lokasi tersebut juga pengunjung bisa melihat sunrise yang indah. Dengan latar belakang gunung merapi, merbabu dan bangunan Candi Borobudur itu sendiri. Dengan dibawahnya hamparan kabut dan bisa dinikmati sambil ngopi.

Kemudian ada Gererja Ayam (RED: Sekarang banyak dikenal Rumah Doa Seribu Umat). Dimana disebutkan bahwa sebenarnya itu bukan ayam namun merpati. Dan banyak sangkut paut selebriti yang sering berkunjung kesitu atay shoting film di lokasi tersebut.

DOWNLOAD BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Ada juga VW Safari yang banyak  dijumpai paket paket menarik menaiki mobil clasik tersebut. Bila keliling ke desa-desa wisata menaik VW Wisata tersebut. Bisa menikmati juga pemandangan alam seperti gunung merapi, merbabu, sindoro, andong, dan telomoyo.

Selain hamparan tanaman padi, paket VW safari ini juga mengunjungi desa wisata dengan ciri khas masing-masing. Dan bisa menikmati wisata sambil belajar apa yang ada di masing-masing lokasi.

Seperti berkunjung ke Sentra Gerabah Borobudur. Sejah dahulu kala menjadi pusat pembuatan gerabah yang masih dengan cara tradisional.

Ada juga ke Rumah Batik, bisa belajar membatik langsung dan hasilnya bisa dibawa pulanh. Tentunya dengan model jawa untuk mempertahankan tradisi.

Ada juga kunjungan ke sarang lebah madu tradisional. Belajar mengelola lebah, panen madu bahkan bisa mengincipinya.

Sementara dalam komplek Taman Wisata Candi Borobudur, ada juga wahana museu kapalsamudera raksa. Dengan berbagai fasilitas yang cocok untuk anak-anak maupun kelaurga. Dan tujuan terpenting adalah berwisata sambil belajar sejarah.

Ada juga museum karma wibhangga atau museum borobudur. Nilai penting dalam museum tersebut tentang sejarah borobudur dan pemugarannya.

Beriwisata di kawasan Borobudur tidak cukup hanya sehari. Dan tenang saja, banyak penginapan tersedian dikawasan Borobudur, mulai kelas backpaker maupun berbintang.

Salah satunya di kampung homestay Borobudur. Dimana rumah-rumah dalam kampung tersebut menjadi homestay yang disewakan bagi wisatawan.

Dan harga penginapan di kawasan Borobudur mulai dari Rp 100 ribu perkamar sampai Rp 60 juta perkamar dalam satu malam ada. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: