Para Ahli Sarankan Ganti Suplemen Dengan Konsumsi Daun Ini

BNews–KESEHATAN–  Pada kesempatan kali ini ada informasi yang menarik, banyak orang yang tidak mengetahui kandungan dan manfaat dari mengonsumsi daun ini.

Daun tersebut adalah daun talas, daun yang berbentuk hati dari tanaman talas (Colocasia esculenta), umumnya tumbuh di daerah subtropis dan tropis.

Meskipun umumnya dikenal karena akarnya yang dapat dimakan dan bertepung, daun tanaman talas juga berfungsi sebagai makanan pokok dalam berbagai masakan.

Akan tetapi, para ahli telah mengungkapkan bahwa mengkonsumsi daun talas yang dimasak dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, penting untuk dicatat bahwa daun talas yang mentah beracun sebelum dimasak.

Daun talas dengan kandungan kalori yang rendah dan serat yang tinggi, daun talas berfungsi sebagai pelengkap makanan bergizi seimbang.

Berikut kandungan dalam daun talas :

  • Karbohidrat: 6 gram
  • Protein: 4 gram
  • Lemak: kurang dari 1 gram
  • Serat: 3 gram
  • Vitamin C: 57% dari Nilai Harian (DV)
  • Vitamin A: 34% dari DV
  • Kalium: 14% dari DV
  • Folat: 17% dari DV
  • Kalsium: 13% dari DV
  • Besi: 10% dari DV
  • Magnesium: 7% dari DV
  • Fosfor: 6% dari DV

Daun talas adalah salah satu sayuran berdaun hijau rendah kalori yang tinggi potasium, folat, dan vitamin C dan A.

Dari beberapa manfaat dari mengonsumsi daun talas, ada satu manfaat mengejutkan yaitu dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Terutama dikonsumsi para lansia, atau usia di atas 65 tahun.

Secara umum, diet tinggi buah dan sayuran padat nutrisi telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung berulang kali.

Daun talas termasuk dalam kategori sayuran yang disebut sayuran berdaun gelap, yang juga termasuk sayuran seperti bayam, kangkung, dan lobak Swiss.

Mengkonsumsi sayuran berdaun gelap secara teratur telah dikaitkan dengan pengurangan hingga 15,8% risiko penyakit jantung berdasarkan sebuah studi tahun 2016.

Daun talas juga menyediakan sumber nitrat makanan yang baik yang membantu meningkatkan tekanan darah yang sehat.

Oleh karena itu, memasukkan daun talas sebagai bagian dari diet bergizi secara keseluruhan dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Jika Anda berusia lansia, atau usia di atas 65 tahun, cara ampuh tingkatkan kesehatan jantung dengan rutin konsumsi daun talas.

Daun talas rendah kalori, tinggi serat, dan tinggi mikronutrien. Hal tersebut, berkontribusi pada beberapa manfaat kesehatan potensial, seperti meningkatkan berat badan yang sehat, meningkatkan kesehatan jantung, dan mencegah penyakit.

Cara mengolah daun talas pun sangat mudah, berikut cara mengolahnya:

  1. Pertama, bersihkan daunnya dan tambahkan ke air mendidih. Kemudian biarkan daun mendidih selama 10-15 menit.
  2. Kedua, tiriskan air dan pindahkan daun ke atas piring.
  3. Ketiga, setelah selesai mengolah pun daun talas bisa untuk segera dikonsumsi.

Akan tetapi, daun talas juga dapat menyebabkan reaksi alergi yang menyebabkan rasa gatal, kemerahan dan iritasi pada kulit, sebelum dimasak.

Jadi, sangat penting untuk mengolahnya atau merebusnya lebih dulu sebelum mengonsumsinya, dan hindari mengonsumsi daun talas mentah.

Setelah membaca tentang manfaat daun talas, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang kesehatan. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: