Pasien Covid-19 Rumah Sakit di Klaten, Diajak Mancing Agar Lekas Sembuh

BNews—KLATEN—Cara unik dilakukan RSD Bagas Waras Klaten untuk mempercepat penyembuhan pasien positif Covid-19. Yakni dengan mengajak memancing ikan lele, senam dan berjemur.

Tim Gugus Tugas COVID RSD Bagas Waras, Sri Hartati memaparkan ide awal mancing tersebut dengan kolaborasi bersama bagian humas dan pengendali infeksi. Kebetulan ada kolam dibelakang RSD yang dimanfaatkan satpam untuk memelihara lele.

”Dari satpam sendiri juga welcome aja untuk digunakan mancing,” paparnya.

Acara mancing tersebut, jelas dia, dikordinasikan dengan petugas pengendali infeksi (PPI). “PPI menyetujui tapi tetap dengan protokol yang ketat. Misalnya tetap jaga jarak, pakai masker dan petugas mengenakan APD lengkap,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama RSD Bagas Waras, dr Limawan Budi Wibowo menuturkan, memancing sebagai salah satu upaya mempercepat penyembuhan pasien positif Covid-19. Yakni upaya meningkatkan imunitas pasien.

”Seminggu dua kali, kita ajak senam dan terakhir sekali kita ajak memancing untuk refreshing,” tuturnya, kemarin (20/6/2020).

“Kita punya pelatih senam asma. Jadi diajak senam dan terakhir mancing bersama di kolam belakang RSD,” sambungnya.

Loading...

Dia menjelaskan, isolasi yang diterapkan tidak seseram seperti apa yang dibayangkan banyak orang. Di ruang isolasi bahkan disediakan jaringan Wi-Fi.

“Boleh bawa ponsel agar tahu informasi luar tapi kita anjurkan untuk mengakses yang tidak membuat cemas. Bahkan ada yang mahasiswa boleh ujian di ruang isolasi,” jelas Limawan.

Penanganan pasien Covid-19 sendiri, kata dia, memang ketat dalam arti mengutamakan safety. Bangsalnya tersendiri dan tidak sembarangan bisa diakses orang lain.

“Tidak bercampur dengan penanganan pasien lain, bahkan alat makan sekali pakai,” ujarnya.

Tambah Limawan, dari total 26 pasien yang dirawat di RSD, sudah 15 orang yang sembuh. Sedangkan lainnya masih dirawat dan kondisinya membaik.

“Nanti untuk mancing, kalau lelenya habis kita belikan lagi,” tutupnya. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: