Kapolres Magelang : Jangan Share Info yang Tidak Valid, Kami Akan Tindak Tegas

BNews–MUNGKID–Arus informasi di media sosial terkait Virus Corona (Covid-19) atau kriminalitas yang terjadi di Kabupaten Magelang kerap melebihi batas. Dimana infomasi tersebut belum tentu kebenarannya.

Kapolres Magelang AKBP Pungky Bhuana Santoso meminta masyarakat untuk tidak mudah percaya. “Jangan membagikan ke orang lain (Share) sebelum kita saring terlebih dahulu kebenarannya dan keakuratannya. Misal sumber informasi ataupun nara sumbernya,” katanya.


Lanjutnya, hal itu juga sebaliknya, bagi yang membagikan (sharing) berita atau informasi-informasi yang tidak benar, pihaknya tidak akan segan menindak. Sebagai bukti, beberapa hari lalu, pihaknya menangkap seorang admin medsos yang telah menyebarluaskan informasi hoaks.

“Jangan sekali-sekali menyebarkan berita hoaks. Saring, klarifikasi kebenarannya, sebelum di sharing. Kami akan tindak tegas yang berani memberitakan atau menyebarluaskan berita hoaks itu,” tegasnya.

Pihaknya berharap, pada situasi dan kondisi seperti Pandemi Covid-19 ini, lebih baik menyebarluaskan konten atau informasi-informasi positif agar suasana di medsos dan lingkungan lebih kondusif. “Bagi yang berani menyebarluaskan konten dan informasi hoaks, akan kami tindak sesuai pasal 28 ayat 1 UU ITE,” imbuhnya Kapolres yang sekaligus Wakil Ketua 2 Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang

“Bagi para pelaku penyebar hoax ini akan mendapat ancaman hukuman penjara selama enam tahun atau denda Rp 1 Miliar,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: