Pasien PDP Corona di RSUD Tidar Magelang Bertambah Jadi Lima Orang

BNews—MAGELANG— Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) Corona (Covid-19) di RSUD Tidar Kota Magelang bertambah. Jika sebelumnya ada tiga orang kini menjadi lima orang.

Dari lima orang tersebut, satu pasien asal Kabupaten Magelang dinyatakan Positif Corona. Empat lainnya masih dilakukan perawatan di ruang isolasi.

“Sekarang ada lima orang satu positif yang empat masih dalam pengawasan petugas medis,” kata Walikota Magelang, Sigit Widyonindito dalam video conference di Command Center Kota Magelang, bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan kepala daerah lainnya, kemarin (17/3).

Menurut Sigit, selain PDP Corona pihaknya juga melaporkan ada empat orang dalam pengawasan. Keempatnya merupakan orang yang baru saja pulang dari luar negeri. “Tapi sejauh ini kondisinya baik,” kata dia.

Sejauh ini Pemkot Magelang belum menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) wabah Covid-19 dengan meski 1 PDP sudah dinyatakan positif di RSUD Tidar Kota Magelang. Hal itu karena pasien yang bersangkutan bukanlah warga Kota Magelang melainkan warga Kabupaten Magelang.

”(PDP) bukan warga Kota Magelang, tapi Kabupaten Magelang sehingga Pemkot Magelang tidak KLB,” jelas Sigit.

Sigit menyampaikan, seluruh tenaga medis di RSUD Tidar maupun rumah sakit lainnya meningkatkan kewaspadaan ketika menerima pasien. Ini untuk mencegah, agar tenaga medis tidak ikut terpapar.

”Ketika dokter, paramedis, kalau menerima pasien sekarang harus ekstra hati-hati. Kita sudah berkoordinasi dengan rumah sakit sekitar, antara lain RSJ Prof Dr Soerojo, RST dr Soedjono, dan rumah sakit lainnya di wilayah Kedu,” imbuhnya

Kepada Ganjar, Sigit juga mengemukakan, saat ini hal yang dibutuhkan para tenaga medis adalah Alat Pelindung Diri (APD). Mereka merupakan garda terdepan menangani para pasien. Sigit pun meminta bantuan Pemprov Jawa Tengah terkait hal tersebut. (wan/her)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: