Pasien Positif Corona Dikremasi di Jumoyo Salam, Ini Penjelasan Tim Gugus

BNews–SALAM– Beberapa hari lalu sempat beredar kabar Pasien Positif Covid-19 dikremasi di Gremeng Kecamatan Salam Kabupaten Magelang. Bahkan, ada beberapa warga yang turut merawat jenazah tersebut.

Tim Gugus Tugas Dusun Pulosari Desa Jumoyo Salam, Edward Alfian mengatakan bahwa terdapat warganya ikut menangani proses kremasi di Kuburan Cina Gremeng. “Namun warga tersebut tidak mengatahui bahwa jenazah yang dikremasi merupakan pasien positif corona (Covid-19). Sebab hasil lab keluar sehari setelahnya,” katanya.

Akibatnya muncul berita-berita di masyarakat yang meresahkan termasuk warga Pulosari,Jumoyo Salam sendiiri. Oleh sebab itu di Dusunnya di bentuk Tim Gugus Tugas Dusun Pulosari cegah corona.

FOTO: Edward Alfian ketua Tim Gugus Tugas Dusun Pulosari Desa Jumoyo Kecamatan Salam (Foto: Internet)
FOTO: Edward Alfian ketua Tim Gugus Tugas Dusun Pulosari Desa Jumoyo Kecamatan Salam (Foto: Internet)

“Pembetukan tersebut guna meminimalisir penyebaran corona yang manjadi momok masyarakat. Ide munculnya pembentukan Tim tersebut karena adanya wabah covid-19 ini yang mulai merebak. Dan ditambah adanya peristiwa kremasi jenazah positif covid19 di Krematorium Kuburan Cina Gremeng yang merupakan pasien salah satu Rumah Sakit Swasta RS. PR Jogjakarta,” paparnya.

Menurutnya, salah satu warga Dusun Pulosari merupakan seorang pekerja harian yang bertugas melakukan bersih-bersih di Kuburan Cina Gremeng. “Pada saat prosesi kremasi akan berlangsung ia diminta untuk ikut mengangkat peti jenazah. Namun berita yang muncul diluar sudah berbeda,” jelasnya.

Adanya hal tersebut, kini Tim Gugus Tugas Dusun Pulosari juga mewajibkan tamu atau warga yang datang dari luar kota untuk melapor ke Tim. “Kami memina laporans dengan format, nama, alamat, jenis kelamin, usia, datang dari daerah, tanggal, keperluan dan no HP,” terangnya.

Loading...

Terakhir, lanjutnya bahwa dengan hal itu mobilisasi warga, terutama dari luar desa akan lebih terpantau. ‘Sehingga Tim Gugus Tugas bisa mengambil langkah tertentu bila ada yang diduga terpapar virus Covid-19, agar tidak menular ke warga lainnya,” pungkasnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: