KEREN !!! Desa Di Magelang Ini Miliki Program “1 Rumah 1 Sarjana”

BNews–MAGELANG– Sebuah Desa di Kabupaten Magelang memiliki program menarik bagi masyarakatanya. Dan hal ini dinilai pertama kali dilakukan di Kabupaten Magelang.

Desa tersebut adalah Wringinputih yang berada di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Mereka memiliki program “1 Rumah 1 Sarjana”.

Program tersebut diketahui diinisiasi oleh Badan Usahan Milik Desa (BUMDES) Wringinputih. Acara sosialisasipun dimulai dengan mengumpulkan pelajar yang lulus SMA sederajat tahun 2020 dan 2021 di wilayahnya.

“Kami gelar sosialisasi Program 1 Rumah 1 Sarjana di Balkondes Wringinputih. Program beasiswa 1 Rumah 1 Sarjana merupakan Program Pemerintah Desa Wringinputih,”ungkap Ketua BUMDES Wringinputih Rizal Arif Windriatmoko (9/8/2021).

Dia menjelaskan, program ini merupakan program yang lahir dari gagasan BUMDES, Tokoh Masyarakat dan Pemerintah Desa Wringinputih.

“ Program ini lahir dari latar belakang sulitnya desa mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Dikarenakan masih banyak masyarakat Desa Wringinputih yang kurang mampu membiayai anaknya untuk menempuh pendidikan perguruan tinggi,” paparnya.

Selain itu, lanjutnya faktor kurang adanya pilihan karir yang jelas di Desa menjadi faktor kedua sulitnya desa mendapatkan SDM yang berkualitas.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Harapan terbesar desa setelah program ini berjalan adalah Pemerintah Desa Wringinputih memiliki stok SDM yang berkuliatas yang siap mengabdikan diri untuk pembangunan Desa Wringinputih. Sehingga Desa Wringinputih dapat mengalami percepatan menuju Desa Maju,” harapnya.

Rizal mengungkapkan juga, bahwa program ini merupakan program beasiswa penuh pendidikan selama 4 tahun perkuliahan. Penerima beasiswa berhak memilih Perguruan Tinggi, Fakultas, dan Jurusan yang mereka inginkan.

“Jika mereka memilih sendiri, diharakan penerima beasiswa dapat maksimal dalam menggali pengalaman dan pendidikannya,” tegasnya.

Pada tahun 2021 ini Desa Wringinputih akan memulai dari 1 (satu) penerima beasiswa terlebih dahulu. Namun, besar harapan kami penerima program beasiswa ini dapat bertambah setiap tahunnya.

“Awalnya satu anak dulu, dan kedepan akan bertambah. Harapannya sehingga seluruh rumah di Desa Wringinputih seluruhnya ada yang sudah sarjana,” harapnya.

Dijelaskannya juga, pembiayaan Program 1 Rumah 1 Sarjana ini sebagian besar di tanggung oleh BUMDES. yyang selanjutnya mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Desa.

Saat ini Desa Wringinputih merupakan pelopor adanya Program Beasiswa 1 Rumah 1 Sarjana untuk wilayah kecamatan Borobudur. “Kami sangat berharap Program baik ini dapat dijalankan juga oleh seluruh desa di Indonesia. Sehingga akan terjadi percepatan pembangunan dan kesejahteraan di seluruh Desa di Indonesia,” punglasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: