Pastikan Kesiapan Panwascam, Bawaslu Kabupaten Magelang Gelar Konsolidasi Pengawas

BNews–MAGELANG– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Magelang menggelar kegiatan Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu Bawaslu Kabupaten Magelang dan Pengawas Adhoc, Sabtu (12/11/2022). Acara yang digelar di Atria Hotel Magelang ini dihadiri Komisioner Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Magelang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang, Habib Shaleh, mengatakan tujuan kegiatan tersebeut untuk menyatukan persepsi dengan Panwascam yang akan bertugas mengawal pelaksanaan Pemilu 2024.

“Karena sebagian anggota Panwascam ada yang lama dan ada pula yang baru, maka perlunya untuk samakan persepsi terkait pengawalan tahapan Pemilu,” katanya.

Sebagai narasumber pertama yakni Satpol PP Kabupaten Magelang MH Masrukhan, menyampaikan, Analisa Sosial yang harus diterapkan pada pengawalan tahapan Pemilu.

“Perlunya pemetaan sosial sebagai langkah mengambil kebijakan dalam pengawasan. Karena selain regulasi, permasalahan dilapangan sangat beragam, maka diperlukan kebijakan yang tepat, berdasarkan analisa sosial,” ujarnya.

Narasumber kedua, mantan Tenaga Ahli Komisioner Bawaslu RI TA 2017-2022, Masykurudin Hafidz, menyampaikan materi “Menguatkan Pengawasan Pemilu Partisipatif,”. Bertujuan agar semua Pawascam relatif sama, setara dan standar dalam persepsi pengawasan.

“Samakan pengetahuan pemilu agar Panwascam sama standarnya. Ditambah dengan pemahaman tugas Panwascam dengan baju pencegahan, pengawasan, dan penindakan,” imbuhnya

Narasumber ketiga, Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kaka Suminta, menyampaikan materi Strategi Pengawasan Kolaboratif Pemilu. Yaitu pengawasan yang efektif dengan melibatkan partisipasi masyarakat. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: