Sehari, 43 Orang Terkonfirmasi Positif Covid di Solo

BNews—SOLO—Terdapat lonjakan kasus pasien positif Covid-19 di Solo pada Jumat (17/7/2020). Dalam satu hari sebanyak 43 orang terkonfirmasi positif dan menjadi rekor tertinggi tambahan kasus di Solo.

Menurut Gugus Tugas Covid-19 Solo, dengan tambahan tersebut membuat kumulatif pasien terkonfirmasi positif menjadi 166 orang. Dengan rincian 46 rawat inap, 74 karantina mandiri, 41 sembuh dan lima meninggal dunia.

”Tambahan kasus positif berasal dari pengembangan tracing kluster Nakes RSUD dr Moewardi (RSDM), dan kluster Tahu Kupat,” kata Ketua Pelaksana Gugus Tugas Covid-19 Solo, Ahyani, Jumat (17/7/2020).

Dia menyebut, 43 kasus baru berasal dari kluster RSDM sebanyak 29 kasus, 11 dari masyarakat umum, dan dua dari kluster Tahu Kupat. ”Penambahan hari ini yang terbesar. Kluster RSDM masih mendominasi, tapi dari masyarakat umum juga banyak,” jelasnya.

Dalam upaya memutus penularan, lanjut Ahyani, pihaknya berencana melakukan swab massal yang bertempat di Pendapi Gede, kompleks Balaikota Solo. Dia menilai, jumlah kasus kemungkinan bisa bertambah pada Sabtu dan Minggu (18-19/7/2020).

”Karena kami menggelar uji swab massal pada hari itu. Meski kami juga berharap sebaliknya,” imbuhnya.

Tambahnya, Pemkot Solo juga akan terus mematangkan Peraturan Walikota (Perwali) yang berisi sanksi bagi masyarakat yang tidak mau menerapkan protokol kesehatan. Seperti memberikan sanksi penutupan sementara tempat usaha, jika ditemukan kasus Covid-19 di lokasi tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih mengungkapkan kluster RSDM yang terkonfirmasi positif semuanya berstatus tenaga kesehatan (nakes). ”Ada yang Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS), dokter, perawat, campur-campur ini,” pungkasnya. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: