PCNU Kabupaten Magelang Resmikan Bank Nahdlatul Ulama Syariah

BNews–MUNGKID– Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Magelang launcing lembaga keuangan terbesar milik mereka. Bank Nahdlatul Ulama (BNU) Syariah 26 diresmikan di Gedung PCNU Mungkid Kabupaten Magelang.

Turut hadir dalam acara tersebut Rois Syuriah PWNU Jateng, Wakil Ketua Tadfidizah PWNU Jateng, Knote Speech Sarasehan Perbankan Gus Yusuf; Ketua DPS Bank Permata Syariah, Mustasyar PCNU Kabupaten Magelang, Rois Syuriah PCNU, Ketua Tadfidizah PCNU; dan lembaga dan Badan Otomon NU Kabupaten Magelang.

Dalam sambutannya, DIrektur Utama BNU Syariah Kabupaten Magelang, Sutopo Budi Santoso mengatakan bahwa Bank ini ijin usahanya merupakan atas nama BPRS Meru Sankara. Namun, kata dia sudah diakusisi menjadi BPRS Meru Nusantara Mandiri oleh PCNU.

“Dimana dasar launching ini adalah surat dari Otoristas Jasa Keuangan (OJK) yang keluar pada 14 Oktober 2020 lalu. Dan kali ini kita juga luncurkan logo baru perusahaan guna merevitalisasi dan meningkatkan bran image perusahaan,” katanya

Dia juga menyampaikan bahwa sampai Bulan September 2020 ini pihaknya memiliki aset 19,6 Miliar. Pencapaian dana masyarakat Rp 16,4 Miliar dan penyaluran biaya Rp 14,7 miliar.

“Dengan hal tersebut maka Bank ini mampu menumbuhkan secara signifikan dengan pertumbuhan aset Rp 5 miliar, DPK Rp RP 6,2 miliar dan protofolio pembiayaan Rp 5,2 miliar. Hal itu dibangdingkan pada akhir tahun 2019 lalu,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya pihaknya memohon dukungan dan doa restu kepada semuanya untuk memanfaatkan bank ini khususnya warga nahdiyin. “Semoga BNU Syariah ini semakin besar kedepannya, dan selalu memilikik komitmen yang semakin maju. Karena kami memiliki target 5 tahun kedepan aset BNU capai RP 100 Miliar,” tandasnya.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sementara Ketua PCNU Kabupaten Magelang, Achmad Izzuddin, Lc menyampaikan bahwa dengan adanya lembaga keuangan BNU Syariah ini maka akan mendukung amanat PC NU. Dimana amanat tersebut uakni mewujudkan revitalisasi organisasi NU, Pendataan Warga NU dan membuat NU Mandari.

“Jika ketiga amanat NU terealisasi dan berhasil maka akan semakin maju PCNU Kabupaten Magelang. Dan untuk pendataan warga NU di Kabupaten Magelang sudah terdapat 89 ribu orang. Sedangkan Kotak Koin NU sudah terdapat 58 ribu tersebar di Kabupaten Magelang,” paparnya.

Gus Din sapaan akrabnya juga menyampaikan, bahwa pihaknya akan menargetkan 100 ribu kota koin NU tersebar di warga NU di Kabupaten Magelang. “Nantinya para pengelola Kota Koin NU ini bisa memanfataakan BNU Syariah ini,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya Lembaga Keuangan BNU Syariah ini mampu bermanfaat bagi umat juga. Misalnya dengan adanya dana khusus untuk kegiatan atau progam MWC di Kabupaten Magelang.

“Dan kabarnya, saat ini terdapata tiga MWC yang akan mengambil Ambulance dari BNU Syariah ini. Jadi semua bisa berjalan,” ujarnya.

Menurutnya, bahwa PCNU memang membutuhkan lembaga kuangan yang mampu memberi, membantu dan mengatur keuangan NU di magelang. “Semoga BNU Syariah ini benar-benar memberikan manfaat bagi warga NU. Dan kami tetap membuka masukan dan kritikan dari semuanya, dan dukungan agar tetap memegang nilai syariah pada lembaga keuangan ini,” tutupnya.

Sedangkan perwakilan Rois suriah PWNU Jateng, Ubaidillah Shodaqoh menambahkan bahwa PCNU Kabupaten Magelang ini programnya sudah menyalip Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Khususnya soal pendataan warga NU.

“Saya lihat datanya disini memang rinci, mungki lebih rinci dari Dukcapi,” tegasnya.

Untuk lembaga keuangan ini, yakni BNU Syariah, Ia berpesan agar tetap memegang teguh Syariat yang diketahui bersama. “Awali dengan niat Lillahita’ala dan yakin semua akan kembali kepada Allah. Maka usaha akan berkembang setelah berproses,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan, bukan besarnya aset yang akan dimiliki teteapi seberapa jauh manfaatnya bagi masyarakat. “Nanti mungkin setiap setengah tahun sekali bisa survey sejauh mana BNU Syariah ini membantu perekonomian masyarakat di Magelang,” pungkasnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: