Pelaku Pencurian Yang Aniaya Pemilik Rumah Di Magelang Berhasil Dibekuk Polisi

BNews–MUNGKID– Kasus pencurian benda berharga senilai Rp 54 juta di Pakis Magelang berhasil terungkap. Satu pelaku berhasil diamankan jajaran Polres Magelang, sedangkan satu pelaku lainnya ditetapkan menjadi DPO.

Kasatreskrim Polres Magelang, AKP Hadi Handoko membenarkan dengan pengungkapkan kasus pencurian dengan kekerasan tersebut. “Kejadian pencurian terjadi pada 26 November 2020 lalu, dan pelaku berhasil diamankan pada 1 Januari 2021 kemarin,” katanya saat jumpa pers (20/1/2021).

Untuk pelaku yang berhasil diamankan satu orang bernama Muhamad Syahrizal (Rizal), 27, warga Suruh Kabupaten Semarang. “Untuk satu pelaku lainnya bernama Andi kita tetapkan menjadi DPO,” imbuhnya.

Hadi juga mengungkapkan kronologi pencurian sendiri terjadu di rumah milik Listianingsih di Dusun Pakis Tengah Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang. Untuk waktu kejadian sekitar pukul 03.wib.

“Saat itu pelaku Rizal awalnya naik ke atap rumah dan merusak genting, selanjutnya melalui atas plafon yang berlubang melihat situasi di dalam rumah. Namun saat itu pelaku tidak jadi masuk melalui plafon kemudian turun dan melihat jendela sebelah barat bertralis agak membuka,” ujarnya.

Selanjutnya, satu pelaku lainnya yakni Andi (DPO) mencongkel jendela sebelah barat rumah korban. Kedua pelaku memasuki rumah melalui jendela yang sudah dicongkel.

“Setelah berhasil masuk, pelaku mengambil sejumlah uang yang berada di sebuah kaleng di etalase toko didalam rumah korban. Kedua pelaku sempat melakukan penganiayaan terhadap korban yang sedang tidur. Pelaku Rizal menduduki tubuh korban, menutupi wajah korban menggunakan handuk dan memukuli wajah korban; sedangkan pelaku Andi (DPO) mengikat kaki korban menggunakan tali yang sebelumnya sudah dipersiapkan oleh pelaku dan pelaku memukuli tubuh korban bagian bawah,” paparnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Tidak berhenti disitu, lanjutnya pelaku Andi (DPO) merampas sebuah kalung emas  10gr dari leher korban dan 1 buah gelang kaki 5gr. Kemudian mengambil 1 buah tas kulit warna coklat dan 2 buah kotak warna merah.

“Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian 1 buah kalung emas 10gr, gelang kaki emas 5gr, 9 buah gelang emas seberat 35gr dan uang tunai sebanyak Rp.5.000.000,. Dengan total kerugian meteriil sebesar Rp. 54.000.000,” ungkapnya.

Satreskrim Polres Magelang yang mendapat laporan kejadian tersebut langsung melakukan serangkaian penyelidikan. Hasilnya kasus terungkap dan pelaku atas nama Rizal diamakan.

“Pada Hari Jum’at tanggal 01 Januari 2021 pukul 14.00 wib di rumah kos Pertigaan Bawen, Semarang petugas mengamankan pelaku atas nama Rizal beserta barang bukti. Selanjutnya pelaku dan barang bukti dibawa ke Kantor Polsek Pakis guna penyidikan lebih lanjut,” tegasnya.

Untuk barang bukti yang diamankan, satu buah linggis kecil, satu buah obeng min gagang warna oranye, dan satu buah tas pinggang warna biru. “Pasal yang dikenakan adalah Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman penjara maksimal 9 tahun,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: