Pelatihan Elektro untuk Warga Tuna Karya

BNews—NASIONAL— Joko S. Saputro seorang Dosen Pendamping Lapangan (DPL) jurusan Elektro bermula saat melakukan KKN Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) tahun 2018 lalu, dirinya lanjutkan jalankan program pemberdayaan masyarakat di tahun 2019 ini. Dirinya memberikan bekal ketrampilan kepada masyarakat tuna karya di Kecamatan Tempuran Kabupaten Kerawang jawa Barat.

Joko mengungkapkan hal tersebut dilakukan karena melihat teknologi saat ini semakin berkembang dengan pesat . “Tentunya hal ini membuat manusia juga mengalami perubahan yang cepat pula. Dampak yang paling terasa adalah persaingan dunia kerja yang semakin ketat dengan mensyaratkan keterampilan tertentu untuk mengikuti perkembangan zaman,” katanya.

Advertisements


Joko bersama dengan dua orang rekannya yaitu Rahmat Hidayat dan Reza Setiawan melaksanakan program pembekalan kepada masyarakat di daerah Kerawang.  Mereka berupaya mewujudkan program pemberdayaan masyarakat khususnya warga tuna karya.

Loading...

“Kami bisa mewujukan program ini dengan dengan mengadakan pelatihan servis elektronika untuk perangkat-perangkat elektronika yang sering ada di rumah seperti televisi, monitor, PC, pompa air hingga lampu,” imbuhynya.

BACA JUGA : TRIK JITU TAMBAH FOLLOWER INSTAGRAM

Disebutkan, pihaknya mulai dari daerah Kabupaten Kerawang karena dirinya sebelumnya pernah melakukan KKN di daerah tersebut sehingga sedikiti mengetahui seluk beluk latar belakang masyarakat disana. “Saya berharap pembekalan ini minimal dapat memperbaiki perangkat elektronika di rumah yang rusak hingga dapat membuka jasa servis elektronika,” paparnya.

Tahun 2019 ini Joko bersama rekan-rekannya dalam menjalankan program ini tidak sendirian. Mereka berkerja sama  dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalaui Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS). “Kami juga mendapatr dukungan penuh dari LPPM Unsika dan Perangkat Desa  serta Karang Taruna Desa Dayeuhluhur Kecamatan Tempuran Kabupaten Kerawang,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: