Pemandian Air Hangat Satu Satunya di Magelang

BNews–GRABAG– Pemandian air hangat satu-satunya di Kabupaten Magelang berada di wilayah Kecamatan Grabag. Sebuah kolam pemandian alami yang berada satu komplek dengan Candi Umbul.

Lokasi persisnya di Dusun Candi Umbul Desa Kartoharjo Kecamatan Grabag. Banyak pengunjung yang datang menyempatkan diri untuk berendam di pemandian air hangat ini.

Jika pengunjung ingin datang dari arah Semarang, setelah memasuki kawasan Temanggung akan ada papan yang bertuliskan ‘belok kiri’. Sebaliknya, jika dari arah Jogja, pengunjung hanya perlu belok kanan dan mengikuti jalan.

Keberadaan Candi Umbul ini memang berada wilayah Kabupaten Magelang, tapi berbatasan dengan Kabupaten Temanggung. Nantinya, setelah melewati jalan menurun, pengunjuk akan menemukan bangunan dengan tembok warna putih yang di dalamnya terdapat Candi Umbul.

Kolam yang berada di komplek Candi Umbul ini memiliki dua ukuran besar dan kecil. Untuk kolam yang atas (besar) yakni 12 x 8 dengan kedalaman 2 meter, kemudian kolam yang bawah ukuran 7 x 8 meter dan kedalaman 1,5 meter.

Tiket masuk di Candi Umbul ini adalah Rp 6.000 per orang. Selain berendam di air hangat, pengunjung juga bisa melihat pemandangan alam berupa lahan persawahan. Sekarang, keberadaan Pemandian Air Hangat (PAH) Candi Umbul mulai bersolek dengan adanya penambahan fasilitas.

Pemandian Air Hangat Candi Umbul merupakan merupakan peninggalan Kerajaan Mataram kuno pada masa dinasti Syailendra. Lokasinya berada di tengah persawahan yang sejuk dan masih terjaga kelestariannya. Nama umbul berasal dari Bahasa Jawa yaitu mumbul artinya naik (air yang berasal dari dasar kolam selalu menyembul serupa gelembung-gelembung).

Air dalam kolam ini mengandung belerang bisa menyembuhkan beberapa penyakit kulit. Suhu airnya bisa untuk terapi tulang punggung dan memperlancar peredaran darah.

Candi Umbul menempati di lahan seluas 4.540 meter persegi. Candi ini merupakan peninggalan zaman Mataram Kuno sekitar abad VIII masuk abad IX. Untuk pemugaran candi telah dilakukan dua kali sekitar tahun 2001 dan 2006. (*/bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: