Sebuah Sekolah di Magelang Terendam Air, Ini Penyebabnya

BNews—MERTOYUDAN— Sekolah MI Ma’arif An-Nur Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang terendam air pada Kamis (25/2/2021) pagi. Banjir terjadi akibat tanggul irigasi yang berada di dekat sekolah tersebut jebol.

Kepala Sekolah MI Ma’arif An-Nur Deyangan, M Syarofi mengatakan, peristiwa terjadi sekitar pukul 08.00 WIB.

”Tadi guru-guru sedang bersiap untuk sekolah daring. Tiba-tiba ada salah satu guru yang bilang ada banjir,” katanya kepada awak media, Kamis (25/2/2021) siang.

Mendengar hal itu, sejumlah guru langsung mengecek lokasi yang tergenang. Usai diusut, ternyata air itu berasal dari tanggul irigasi yang jebol.

”Kita cek ternyata irigasi jebol dan airnya lari kesini. Kami langsung mengevakuasi yakni beberapa guru mengamankan barang-barang yang ada diruangan agar tidak kena air, dan beberapa guru lainnya mengevakuasi irigasi tersebut agar airnya tidak mengalir ke lingkungan sekolah lagi,” jelas Syarofi.

Dia menyebut bahwa evakuasi itu dibantu oleh beberapa warga yang kebetulan sedang kerja bakti di masjid yang berada tak jauh dari lokasi irigasi tersebut. Sekitar 30 menit kemudian, tanggul irigasi itu berhasil diperbaiki.

”Kemudian kami bersama-sama membersihkan air yang masuk ke ruangan-ruangan. Yang ada di halaman itu tinggi air tadi sekitar 20 sentimeter, sedangkan yang masuk ke ruangan itu sekitar 7-10 sentimeter,” ujar Syarofi.

Tambah Syarofi, kejadian itu baru satu kali terjadi. ”Baru satu kali. Tadi tergenang air ya sekitar 30 menit. Kami bersama-sama membersihkan. Kita ambil hikmahnya aja, kita disuruh bersih-bersih ruangan,” paparnya.

”Ya irigasinya memang sedang diperbaiki dan kemungkinan ya ini ada debit air yang banyak, jadi di sini tidak siap akhirnya jebol. Airnya langsung masuk karena memang lokasi sekolah ini rendah ya,” tutupnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: