Pembukuan Online Di Perpustakaan Desa Menjadi Fokus PPMT UNIMMA

BNews–Magelang – Otomasi atau pembukuan online melalui aplikasi Inlislite dilaksanakan di sebuah Perpustakaan Desa di wilayah  Magelang. Tepatnya di Perpusdes Mardining Sigit Desa Mangunsari Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu program  kerja yang dilakukan oleh mahasiswa Program Pengabdian Masyarakat Terpadu (PPMT-KKN). Yakni dari Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA).

Pelatihan otomasi dilaksanakan oleh Mahasiswa UNIMMA pada hari rabu 21 Oktober 2020 di DISPUSPA Muntilan. Dan kegiatan tersebut dipandu oleh Feri sebagai pustakawan setempat.

Pelaksanaan pelatihan otomasi diikuti oleh beberapa kelompok PPMT yang melaksanakan PPMT Kerjasama dengan perpustakaan. Dari perpusdes Giyanti diikuti oleh 3 perwakilan mahasiswa; perpusdes secang diikuti oleh 2 perwakilan mahasiswa dan dari perpusdes mardiningsigit diikuti oleh 3 orang mahasiswa.

Pembukuan online ini menggunakan aplikasi Inlist Lite dan ADDC. Tahap pertama yang dilakukan adalah install aplikasi dilanjutkan cara pengoperasiannya.

Pembukuan online ini dilaksanakan untuk pengembangan teknologi dalam bidang pembukuan di masing-masing Perpusdes.

Berbekal pelatihan tersebut, kelompok PPMT tersebut kemudian melakukan pelatihan lagi kepada anggota perpusdes masing-masing. Hal ini agar pembukuan yang tadinya dilaksanakan secara manual bisa di permudah dengan otomasi pembukuan secara online.

Seperti yang dilakukan kelompok PPMT  yang terdiri dari 5 mahasiwa dan satu dosen pembimbim ini. Mereka melakukan pendampingan di Perpusdes Mardining Sigit Desa Mangunsari Kecamatan Sawangan, .

Kelompok tersebut terdiri dari Safitri Dwi Karunia ( Hukum Ekonomi Syariah), Nur Hayati ( Hukum Ekonomi Syariah); Fina Andriany (Pendidikan Agama Islam), Alfiatul Mustofiah (Pendidikan Agama Islam);  Laili Wahyuningsih (Pendidikan Agama Islam). Dan Dosen pembimbing Subur M.S.I.

Pelatihan tersebut meraka lakukan sejak Senin, 9 Oktober 2020. Dimulai dari mengajarkan bagaimana cara menginstal aplikasi inlislite.

Kemudian cara mengubah nama dan logo perpustakaan, cara memasukkan katalog, cara membuat kartu perpustakaan dan lain-lain.

“Pelatihan otomasi pembukuan online ini kami laksanakan guna mempermudah pembukuan. Selain itu banyak juga fitur-fitur dari inlislite yang termasuk mempermudah dalam pencetakan kartu anggota perpustakaan” ujar Fina Andriany ketua kelompok PPMT. (adv)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: