Pemkab Magelang Ajak Masyarakat Stop Buang Air Besar Sembarangan

BNews–MUNGKID– Kebiasaan buruk masyarakay yang buang air besar sembarangan (BABS) di wilayah Magelang terus diupayakan untuk dihilangkan oleh Pemkab Magelang. Hal tersebut dinilai kurang sehat bagi daya tahan tubuh masyarakat,

“Berbagai element masyarakat, TNI, Polri, Dinas Terkait, Ormas, Puskesmas bahkan CSR dilibatkan dalam hal tersebut,” ungkap Bupati Magelang Zaenal Arifin saat melaksanakan deklarasi Open Defecation Free (ODF) secara virtual dari Rumah Dinas Bupati Magelang, Rabu (2/12/2020).

Menurutnya berbagai program juga telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Magelang untuk menangani permasalahan tersebut. Program itu diantaranya Pamsimas, Sanimas, program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP); dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

“Alhamdulilah saat ini semua kecamatan di Kabupaten Magelang telah menyatakan deklarasi bebas buang air besar sembarangan/ODF,” ujar, Zaenal.

Ia juga mengapresiasi kerja keras semua pihak dalam meningkatkan akses sanitasi di Kabupaten Magelang. Dehingga pada tanggal 13 November 2020 lalu, Kabupaten Magelang mendapatkan penghargaan STBM Award dari Kementerian Kesehatan RI.

STBM Award sendiri merupakan pengakuan dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan RI untuk Kabupaten/Kota. Yakni dalam mengklaim keberhasilan atas perubahan perilaku hidup sehat melalui tidak adanya praktek buang air besar sembarangan/ODF.

“Saya selaku Pribadi dan atas nama Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Magelang menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Magelang. Sehingga kita bersama bisa mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS)/Open Defecation Free (ODF) Tingkat Kabupaten Magelang,” katanya.

Sementara, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Bar Kuncoro juga menyampaikan laporannya. Dimana dalam deklarasi ODF ini bertujuan untuk mewujudkan perilaku masyarakat. Tentunya yang higienis dan saniter secara mandiri, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

“Selain itu juga untuk memberikan reward kepada masyarakat dalam rangka membudayakan perilaku yang dapat memutus kontaminasi kotoran manusia sebagai sumber penyakit secara berkelanjutan. Sasaran deklarasi ODF adalah semua elemen masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Magelang,” tabambahnya. (bsn(

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: