Pemkab Magelang Bagi Bagi Paket Data Internet dan Wifi Gratis

BNews—MAGELANG— Atasi kendala belajar daring atau luring peserta didik di Kabupaten Magelang, Pemkab siapkan beberapa inovasi bantuan. Mulai dari bantuan paket data, pulsa hingga wifi gratis bagi peserta didik dan pengajar.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin dalam konferensi pers bersama awak media, mengatakan bahwa ini merupakan langkha-langkah strategi pemerintah untuk mendukung semua itu. Yakni proses belajar mengajari dengan sistem daring maupun luring.

“Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang, kami tetap melakukan langkah-langkah strategis. Dimana hal ini agar siswa tetap bisa mendapat haknya selama pembelajaran secara daring,” katanya (9/9/2020).

Sementara itu Disdikbud, lanjutnya terus berupaya berkoordinasi dengan pusat untuk masalah bantuan paket data atau pulsa internet bagi peserta didik dan pengajar. “Hal ini nantinya agar bantuan dari pusat dan daerah tidak tumpang tindih juga,” imbuhnya.

Ia juga mengaku sudah  berkoodinasi dengan Disparmades dan Kominfo untuk melakukan pemetaan daerah susah sinyal. “Mungkin beberapa titik wilayah  di Kabupaten Magelang ada yang kendala signal internet. Sehingga kami meminta kepada dua instansi tersebut untuk melakukan pemetaan, dan akan diupayakan pemasangan wifi gratis,” ungkapnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Azis Amin menjelaskan akan memberikan bantuan berupa paket data 10 GB atau besaran dana Rp 30 ribu. Hal itu  bagi para peserta didik maupun pengajar.

“Alokasinya tergantung kebutuhan. kita rata-rata sampling satu bulan kurang lebih 10GB. Dan untuk bantuan ini tentunya  lebih kecil dari bantuan pusat. Karena bantuan ini berasal dari Pemkab Magelang,” tambahnya.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Ia menjelaskan, Dana bantuan pulsa atau paket yang disediakan berasal dari dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA). Bantuan ini akan diberikan kepada kurang lebih 30.000 pelajar SD dan 15.000 pelajar SMP. 

“Di BOS ada realisasi BOS sendiri, bisa mengalokasikan pulsa atau paket data untuk mendukung  pembelajaran daring bagi siswa dan guru yang membutuhkan. Besarannya tergantung kebutuhan tanpa mengurangi kebutuhan yang lain.” jelasnya

Selain bantuan dari Pemerintah Kabupaten Magelang, akan ada pula bantuan paket data dari pemerintahan pusat yaitu sebesar 35GB per bulan. Paket data ini akan diberikan selama empat bulan sampai Desember nanti.

“Ini dari pemerintah ada wacana pembantuan pulsa. Namun masih dalam tahapan  upload nomor hp siswa atau orang tua ke pusat. Dan ini hasil dari koordinasi tiap sekolah.” terang Azis Amin. 

Dengan adanya bantuan data baik dari Pemkab Magelang ataupun pemerintah pusat diharapkan dapat mendukung sistem pembelajaran saat ini. “Ya bisa membantu meringankan pengeluaran orang tua membeli pulsa atau paket data. Karena pembelajaran saat ini masih berjalan secara daring,” pungkasnya. (magelang/bsn)­­­

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: