Pemkab Magelang : Exit Tol Ada di Palbapang

BNews—MUNGKID— Pemerintah Pusat telah melakukan penentuan lokasi indikatif jalur Tol Bawen-Magelang-Jogjakarta. Salah satunya terkait ruas exit tol yang akan dibangun di kawasan Palbapang Kecamatan Mungkid.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Magelang Sugiyono, beberapa waktu lalu. Usulan exit tol yang semula direncanakan di Muntilan disetujui untuk dipindah ke Palbapang Mungkid.

“Usulan kita disetujui oleh pemerintah pusat. Supaya nanti askses menuju ke Candi Borobudur lebih dekat,” katanya.

Sebelumnya diberitakan dari hasil pemaparan peta Indikatif, exit tol ada di Desa Sukorini, Kecamatan Muntilan menjadi di kawasan Palbapang, Kecamatan Mungkid. Namun, akses jalan di Desa Sukorini kurang representatif karena hanya jalan kabupaten selebar 6 meter.

Akses jalan di Palbapang lebih memadai karena berstatus jalan nasional.

Jalan tol Bawen-Yogyakarta adalah salah satu proyek strategis prioritas nasional. Berdasarkan data Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), tol sepanjang 71 kilometer ini membutuhkan biaya investasi sebesar Rp21,139 triliun. Tol ini diperkirakan melintasi 7 kecamatan di wilayah Kabupaten Magelang. Yaitu Kecamatan Muntilan, Mungkid, Borobudur, Candimulyo, Tegalrejo, Secang, dan Grabag. (her/wan)

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: