Pemkot Magelang Perkuat Layanan Kesehatan Lansia

BNews—MAGELANG— Wali Kota Magelang, Muchamad Nur Aziz menyebut program maupun kebijakan Pemkot Magelang diupayakan berpihak pada kaum lansia. Hal itu disampaikannya saat menjadi narasumber dalam Webinar Hari Kesehatan Nasional ke-58, Senin (7/11/2022).

Webinar yang bertema “Sehat di Usia Produktif Menuju Lansia Mandiri, Aktif, dan Bahagia” tersebut digelar oleh Direktorat Kesehatan Usia Produktif dan Usia Lanjut.

Aziz mengungkapkan, inovasi layanan santun lansia di Kota Magelang antara lain Jemput Sakit Antar Sehat (JSAS), Siaga Among Raga (SIAMOR), Daftar KIS lewat WA dari Rumah (DAKWAH), dan Partisipasi Mengukur Kesehatan Badan Setelah Menginjak Usila di Posyandu Lansia.

“Kemudian, kami juga ada Sapu Bersih Makanan Berbahaya (SABER MAYA), Home Care Center (HCC), Kejar Target Vaksinasi Memanfaatkan Tema Spesifik (KETAN MENTIK), dan Kader Ketuk Pintu (KATUP),” ungkapnya.

Dia menyebut, di Kota Magelang, lansia-lansia mulai mengikuti kegiatan, seperti senam lansia. Tidak hanya itu, dari Dinas Sosial Kota Magelang juga berpartisipasi merawat lansia melalui program kesehatan dan membagikan sembako.

”Lansia maupun pasien di Magelang, dijemput dan diantar. Saya tidak ingin mereka kebingungan cari kendaraan untuk pulang. Bagi yang tidak bisa ke rumah sakit atau ke puskesmas, ada tim yang datang untuk home care,” imbuhnya.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

Untuk diketahui, webinar juga dihadiri oleh Wakil Menteri Kesehatan Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono, Dante memaparkan pertumbuhan penduduk diisi oleh usia produktif serta usia lanjut.

Kementerian Kesehatan juga berkomitmen melakukan transformasi dengan salah satu komponennya yaitu layanan primer. Transformasi layanan primer difokuskan untuk meningkatkan layanan promotif dan preventif terhadap penyakit di masyarakat sedini mungkin.

“Tidak hanya itu, keselamatan dan kesehatan kerja termasuk pada kaum disabilitas,” tambah Dante. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!