Makan Buah Pisang Sembuhkan Penyakit Diare, Begini Penjelasannya

BNews–KESEHATAN– Sakit perut bukanlah hal yang nyaman bagi setiap manusia. Apalagi rasa mules dan berkali-kali harus buang air besar (BAB) di toilet. Dan hal itu sudah dipastikan kita mengalami diare.

Namun menurut salah seorang konsultan senior, buah pisang disebut sebagai salah satu obat alami untuk menyembuhkan penyakit diare. Karena mampu memperbaiki pencernaan dan memberi stamina pada tubuh.

Buah yang sangat mudah didapatkan ini kaya akan serat seperti selulosa hemiselulosa. Dimana kandungan itu yang membantu menambah massa pada tinja dan meningkatkan pergerakan usus.

Dr Mahesh Gupta, konsultan senior, ahli gastroenterologi dari rumah sakit Dharamshila Narayana Superspeciality, mengatakan, pada dasarnya pisang tinggi kalium. Dimana kandungan ini mampu membantu proses pencernaan kembali normal.

Pisang mengandung serat, dan juga sumber energi, gula dan natrium yang baik, kombinasi yang paling dibutuhkan selama diare.

“Pisang membantu pasien menyerap garam dan air di usus besar, membuat tinja lebih padat,” kata dr. Gupta dilansir Indian Express, Selasa (20/10).

Selain itu, pisang merupakan makanan dengan residu rendah, membantu mengatasi rasa lemas dan dehidrasi yang bisa terjadi karena kehilangan terlalu banyak cairan dari tubuh. Pisang memberikan kalori dalam bentuk karbohidrat yang memberikan energi instan untuk mengatasi rasa lemas akibat diare.

Loading...

Ahli nutrisi dari rumah sakit Bathia, Zoya Fakhi, mengatakan, 100 gram pisang disebut memberikan 116 kilo kalori, maka energi dan tenaga yang hilang karena diare dapat terisi kembali dengan mengkonsumsi pisang. Penelitian telah menunjukkan pektin, sejenis serat yang ditemukan dalam pisang mentah, menyerap kelebihan air dari usus dan membentuk tinja.

Cara mengobati diare dengan pisang

Singh mengatakan, mengkonsumsi pisang dengan sedikit dadih (susu fermentasi dari kerbau) adalah kombinasi tradisional yang mampu menyembuhkan diare. Makan pisang dengan garam juga dapat mengganti natrium dan kalium serta elektrolit yang habis saat mengalami diare.

“Bisa dikonsumsi dua atau tiga kali tergantung frekuensi diare. Saat seseorang tidak bisa mengkonsumsi makanan normal karena diare, mereka dapat mengkonsumsi pisang yang dikombinasikan dengan dadih, nasi atau buah-buahan lain sesuai selera,” kata Fakhi.

Meski demikian, Gupta memperingatkan sebelum mengkonsumsi pisang, pastikan buah tersebut sudah matang dan bukan yang masih mentah atau hijau karena berpotensi menimbulkan efek sebaliknya saat diare. Selain itu, jangan lupa untuk banyak minum air putih agar tetap terhidrasi. (*/Lubis)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: