Pencairan Gaji ke-13 Tinggal Menghitung Hari

BNews—NASIONAL— Pemerintah memastikan pencairan gaji ke-13 cair bulan Agustus 2020. Pembayaran gaji ke-13 tidak hanya untuk PNS, prajurit TNI dan Polri. Namun juga bagi pensiunan.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menuturkan, skema pemberian gaji ke-13 akan sama dengan Tunjangan Hari Raya (THR) pada Mei lalu. Dimana yang mendapatkan hanya PNS level eselon III ke bawah serta pensiunan.

”Gaji dan pensiun ke-13, kami melaksanakan dengan kebijakan THR yang sudah dilakukan Mei lalu; yakni tidak diberikan pada pejabat negara, pejabat eselon 1 dan 2 dan pejabat setingkat,” ujar Sri Mulyani.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Andin Hadiyanto mengatakan, proses pencairan dilaksanakan sebelum pertengahan Agustus 2020. ”Kita usahakan sebelum pertengahan Agustus. Kalau bisa lebih cepat,” ujar Andin, Sabtu (1/8).

Saat ini, revisi peraturan pemerintah terkait pencairan gaji ke-13 sedang difinalisasi di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Yakni Peraturan Pemerintah (PP) No.35/2019 dan PP No.38/2019 untuk mencairkan gaji ke-13. ”Selesai dan langsung dibayar,” tegasnya.

Diketahui, anggaran yang dialokasikan untuk gaji ke-13 sebesar Rp28,5 triliun. Anggaran ini termasuk bagi pensiunan PNS di seluruh Indonesia.

Secara rinci, anggaran Rp28,5 triliun ini terdiri dari PNS pusat Rp6,73 triliun dan pensiunan sebesar Rp7,86 triliun. Sedang  PNS daerah sebesar Rp13,89 triliun yang akan diberikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Loading...

Sayang, komponen gaji ke-13 PNS dan anggota TNI-Polri tidak mencakup tunjangan kinerja (tukin). Komponen gaji ke-13 tersebut berupa gaji dan tunjangan yang melekat pada gaji.

Tunjangan yang dimaksud itu berupa tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan. ”Tidak termasuk tunjangan kinerja. Hanya gaji pokok dan tunjangan melekat, yakni keluarga dan jabatan,” Imbuh Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: