Komisi III DPRD Kabupaten Magelang Urungkan Pembangunan TPU Covid Di Mungkid

BNews–MAGELANG– Pembangunan tempat pemakaman umum (TPU) Covid-19 di Dusun Srowol  Desa Progowati Mungkid diurungkan oleh Komisi III DPRD Kabupaten Magelang.

“Kami tidak menolak rencana itu namun lebih baik lokasinya dialihkan ke wilayah lain yang memadai dari aspek keluasan dan jauh dari pemukiman,” kata Yusuf Sakir, ketua komisi itu, Senin (27/09/2021).

Selain itu, dia minta, agar perencanaan harus dipersiapkan secara matang sedari awal sesuai aturan yang berlaku. Antara lain, dilakukan fasibility studi (FS) dan sosialisasi sebelum penentuan lokasi.

Sakir mengatakan, saran di atas didasari adanya surat dari masyarakat Srowol kepada bupati. Intinya, masyarakat merasa keberatan atas rencana pembangunan TPU untuk qpemakaman jenazah korban Covid-19. 

Dalam surat tadi juga disertai sejumlah pertimbangan. Lokasinya terlalu dekat pemukiman padat penduduk, berjarak kurang dari 100 meter. Dekat jalur wisata sehingga tak menguntungkan bagi pelaku usaha pariwisata, serta masuk kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN).

“Belum pernah dilakukan sosialisasi awal, tahu-tahu lokasi itu akan dijadikan TPU sehingga masyarakat sekitar menolak,” kata Sakir. 

Dalam rapat dengan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) pekan lalu, lanjut Sakir, disepakati untuk memindah rencana pengadaan tanah TPU di Srowol, ke lokasi lain. 

Hal itu diakui oleh Kepala DPRKP, Kunta Hendradata, dihubungi secara terpisah. Terkait hasil pembahasan dalam rapat kerja dengan Komisi III DPRD tersebut sudah disampaikan kepada pimpinan.

Mengenai dana Rp 600 juta yang akan dialokasikan melalui perubahan APBD 2021 untuk kepentingan itu, dipending.

“Untuk langkah-langkah lebih lanjut, saat ini kami masih menunggu petunjuk dari pimpinan,” katanya. (*/bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: