Penerima Suntik Vaksin Bisa Alami Gejala Covid-19, Ini Cara Membedakan dengan KIPI

BNews—NASIONAL— Para penerima vaksin bisa saja terpapar dan mengalami gejala Covid-19 yang mirip dengan KIPI alias Kejadian Ikutan PascaImunisasi. Risiko terinfeksi virus SARS-CoV-2 dan variannya tetap ada sehingga disarankan mereka harus pakai masker dan mematuhi protokol kesehatan.

Guna mengantisipasi kelalaian tersebut, platform edukasi Covid-19, Zoe Covid Symptom Study, melakukan penelitian berbasis survei untuk mengidentifikasi gejala-gejala Covid-19 yang mungkin muncul di kalangan penerima vaksin. Hasilnya survei menyebutkan setidaknya ada beberapa gejala yang paling mungkin dirasakan penerima vaksin jika mereka terpapar Covid-19.

Setelah vaksinasi Covid-19, sebagian penerima vaksin akan merasakan efek samping berupa demam dan nyeri ringan pada tubuh yang mirip gejala Covid-19. Namun, ini bukan berarti Kamu mengalami gejala Covid-19.

Efek samping yang termasuk dalam KIPI ini menandakan bahwa sistem imum tubuh sedang merespons vaksin yang masuk.

Dengan demikian vaksinasi Covid-19 tidak langsung memberikan Kamu kekebalan terhadap virus Corona. Kekebalan baru akan terbentuk sepenuhnya dalam waktu 28 hari setelah penyuntikan vaksin dosis kedua.

Ada beberapa laporan kasus di mana penerima vaksin terpapar Covid-19. Pada kasus-kasus tersebut, ada penerima vaksin yang merasakan gejala Covid-19, ada pula yang tidak.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Berikut ini gejala Covid-19 yang dapat dirasakan penerima vaksin seperti dikutip Borobudur News dari Alodokter, Sabtu (26/6):

  • Demam atau menggigil
  • Batuk
  • Sesak napas
  • Kelelahan
  • Badan pegal-pegal atau nyeri otot atau myalgia
  • Sakit kepala
  • Sakit tenggorokan
  • Kehilangan indra perasa dan penciuman (anosmia)
  • Mual dan muntah
  • Diare

Lantaran gejala tersebut bisa mirip dengan KIPI, diperlukan pemeriksaan dari dokter. Baik berupa pemeriksaan fisik, pemeriksaan antigen dan antibodi, maupun pemeriksaan CT Scan.

Vaksinasi tidak menjamin 100 persen tubuh kebal terhadap infeksi virus Corona. Namun, vaksinasi dapat menurunkan risiko terjadinya komplikasi akibat Covid-19 yang secara tidak langsung dapat menurunkan angka kematian akibat penyakit ini.

Berikut ini urutan gejala yang dirasakan para penerima vaksin saat terpapar Covid-19 versi Zoe sebagaimana dikutip dari Bisnis:

  • Kepala pusing
  • Pilek (hidung berlendir)
  • Mudah bersin
  • Tenggorokan kering
  • Lain-lain

”Peringkat gejala tersebut diurutkan berdasarkan berapa banyak pengguna yang melaporkannya kepada aplikasi kami,’ tulis pihak Zoe dalam keterangan tertulis pada Sabtu (26/6).

Adapun terkait urutan kelima yakni simtom lain-lain lazimnya meliputi hilangnya indera penciuman, sesak nafas, serta demam dan batuk dalam intensitas tinggi. Walau demikian, mengacu survei, gejala-gejala terakhir ini relatif jarang dialami oleh penderita positif Corona yang telah mendapakan suntikan penuh.

Dalam keterangannya, Zoe menggarisbawahi bahwa gejala yang dirasakan penerima vaksin tersebut masih bersifat umum dan belum diklasifikasikan berdasarkan varian virus. Untuk itu, tidak menutup kemungkinan gejala akibat paparan varian virus Delta yang baru-baru ini menjadi pusat perhatian bakal berbeda ketimbang paparan virus varian-varian sebelumnya.

”Intinya, jika Kamu sering bersin-bersin atau mengalami gejala-gejala itu tanpa alasan yang jelas, sebaiknya Kamu melakukan tes Covid-19. Terutama jika Kamu berada di lingkungan yang memiliki risiko tinggi terhadap paparan virus,” pungkasnya. (ala/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: