Menang Lawan Nepal 7-0, Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

BNews—OLAHRAGA— Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Nepal dengan skor telak 7-0 di laga terakhir Grup A Kualifikasi Ketiga Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmed, Kuwait City, Rabu (15/6/2022).

Penampilan ciamik ditunjukkan timnas Indonesia sejak awal pertandingan. Timnas Indonesia bahkan sudah unggul ketika laga baru berjalan enam menit. Gol tersebut dicetak oleh Dimas Drajad.

Berawal dari umpan lambung Asnawi Mangkualam, Dimas Drajad mampu mengirim bola masuk ke gawang Nepal dengan tandukannya. Malapetaka diperoleh timnas Nepal pada menit ke-34.

Pasalnya, Nepal harus bermain dengan 10 orang usai Suman Aryal menerima kartu kuning kedua. Unggul jumlah pemain langsung dimanfaatkan timnas Indonesia untuk terus melakukan tekanan.

Akhirnya Witan Sulaeman mampu menggandakan keunggulan Indonesia pada menit ke-43. Memperoleh umpan dari Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman yang berdiri bebas di dalam kotak penalti kemudian melepaskan sebuah tendangan.

Laju bola memang tidak kencang, namun arahnya tepat masuk ke pojok kanan gawang Nepal. Skor 2-0 untuk Timnas Indonesia menutup babak pertama.

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, memasukkan dua tenaga baru di awal babak kedua. Marselino Ferdinan dan Muhammad Rafli ditugaskan untuk menggantikan Marc Klok dan Dimas Drajad.

Download Aplikasi BorobudurNews (Klik Disini)

Pada menit ke-54 sontekan Fachruddin Aryanto membuat Timnas Indonesia unggul 3-0. Satu menit berselang, gantian Saddil Ramdani yang mencetak gol.

Berawal dari umpan Muhammad Rafli, bola yang datang diteruskan oleh Saddil Ramdani dengan kaki kirinya. Penjaga gawang timnas Nepal, Deep Karki, tak bisa berbuat banyak dan harus kembali memungut bola dari gawangnya untuk keempat kalinya.

Sepakan Elkan Baggott dari luar kotak penalti membuat Timnas Indonesia unggul 5-0 pada menit ke-80. Satu menit berselang gol dari Witan Sulaeman membuat keunggulan Timnas Indonesia menjadi 6-0.

Belum puas dengan keunggulan setengah lusin gol, di akhir babak kedua Timnas Indonesia menambah keunggulannya. Kali ini gol dicetak oleh Marselino Ferdinan.

Skor 7-0 untuk Timnas Indonesia bertahan hingga pertandingan berakhir. Hasil ini memastikan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023.

Tepatnya Indonesia mengamankan tiket terakhir yang ada lewat jalur runner-up terbaik. Seperti yang diketahui ada lima tim runner-up di babak kualifikasi ketiga yang berhak lolos ke Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia sendiri berstatus sebagai runner-up di Grup A dengan raihan 6 poin. Posisi puncak Grup A ditempati oleh Yordania dengan 9 poin.

Keberhasilan Timnas Indonesia sekaligus menjadi mimpi buruk bagi Filipina. Pasalnya Timnas Filipina menjadi satu-satunya tim runner-up yang gagal melaju ke Piala Asia 2023 karena hanya mengumpulkan 4 poin dari tiga laga di Grup B.

Sementara itu, keberhasilan ini membuat Timnas Indonesia kembali tampil di Piala Asia usai 15 tahun absen. Timnas Indonesia terakhir berpartisipasi di Piala Asia pada tahun 2007 ketika menjadi tuan rumah bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam. (*)

Sumber: bolasport.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: