Pengumuman! Malam Tahun Baru Tugu Jogja Hingga KM 0 Lockdown

BNews—JOGJAKARTA— Pemerintah DI Jogjakarta bersama DPRD Kota Jogjakarta dan DIJ sepakat untuk menutup sementara kawasan Tugu, Malioboto hingga KM 0 saat malam pergantian tahun baru. Keputusan ini diambil karena lokasi tersebut berpotensi menjadi pusat kerumunan orang hingga berakibat covid-19 di DIJ meledak kembali.

Menilik beberapa waktu ke belakang, angka harian rata-rata covid di DIJ mencapai lebih dari 200 kasus. Fasilitas kesehatan (fakes) sudah kewalahan, kendati mayoritas berstatus tanpa gejala atau gejala ringan.

Anggota Pansus Covid-19 Kota Jogjakarta, Krisnadi Setyawan mengatakan, pihaknya telah melaksanakan paripurna. Dalam rapat tersebut, direkomendasikan pada Pemkot untuk menutup sementara Malioboro, Tugu dan Titik 0 Kilometer pada tanggal 31 Desember 2020. 

”Ditutup saat malam pergantian tahun. Terhitung pukul 18.00 hingga 06.00WIB atau keesokan harinya. Kami menimbang potensi kerumunan tak terhindarkan seperti yang terjadi beberapa hari ini di momen libur Natal Tahun Baru,” tutur Krisnadi, Senin (28/12).

”Rekomendasinya sudah diparipurnakan, ya, kami minta ditutup sementara baik arus lalu-lintas maupun orang. Yang nongkrong di Malioboro misalnya, diminta pergi seperti saat awal covid lalu,” sambungnya.

”Ini yang terbaik termasuk bagi teman-teman PKL (Pedagang Kaki Lima) yang juga harus tutup pukul 22.00WIB sesuai Instruksi Gubernur DIJ Nomor 7 Tahun 2020,” imbuhnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, mengungkapkan hal senada soal rencana penutupan sementara kawasan pusat Kota Jogjakarta saat momen pergantian tahun baru. Ia memandang, fakta di lapangan sangat banyak orang berkumpul. Sementara di sisi lain tenaga kesehatan (nakes) sudah kewalahan.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

”Kami setuju sekali. Dan besok akan kami kumpulkan ketua-ketua termasuk gugus tugas untuk menerapkan itu,” tegasnya.

Sementara itu, Sekda DIJ, Kadarmanta Baskara Aji, mempersilahkan Pemkot Jogjakarta untuk menerapkan penutupan sementara Malioboro, Tugu dan Titik 0 Kilometer pada momen malam pergantian tahun.

”Jika berdasar evaluasi kemarin harus seperti itu, ya, silakan. Kami, kita, teman-teman di kota punya kewenangan untuk itu (menutup sementara). Pemda DIJ mendukung apabila itu memang keputusan kota,” pungkas Aji. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: