Peningkatan Keamanan G20, Beberapa Agenda Masyarakat di Magelang Ditangguhkan

BNews–MAGELANG– Group of Twenty atau G20 akan digelar di Candi Borobudur Kabupaten Magelang pada  11-13 September 2022.  Berbagai persiapan dilakukan termasuk dari segi keamanan.

Apel Gelar Pasukan sudah dilakukan oleh pihak keamana gabungan Sabtu pagi tadi di Lapangan Drh. Soepardi Sawitan Kota Mungkid Kabupaten Magelang (10/9/2022). Dengan pimpinan apel Dansat Brimob Polda Jateng Kombespol Yopie Indra Prasetyo Sepang.

Dalam gelar pasukan tersebut terdiri dari jajaran Polda Jateng, TNI, Brimob, Intel, Direktorat Samapta Polres Magelang maupun Polres Polres sekitarnya; kemudian dari reserse, Pamobvit, Dishub, dari SatPol PP, Damkar, dan BPBD Kabupaten Magelang.

Dalam arahannya, Dansat Brimob Polda Jateng Kombespol Yopie Indra Prasetyo Sepang mengatakan apel ini dalam rangka pengecekan. Baik memberikan pengamanan, kesiapan pasukan.

“Hal ini dalam  rangka memberikan pengamanan dari kegiatan parsial G20,” katanya.

Ia menyebutkan rangkain acara akan dimulai Minggu 11 September 2022 sampai tanggal 14 September 2022.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat sangat penting sekali. Dimana ini merupakan rangkaian kegiatan G20; dimana puncaknya akan dilaksanakan di Bali pada bulan November nanti,” imbuhnya,

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Ia menghimbau dan memintan kepada seluruh pasukan pahami masing-masing tugas pokok yang sudah dibebanka. “Sudah dibagi menjadi sub-subsatgas. Mulai sub satgas 1, 2, 3, 4 dan 5 yang punya tugas pokok masing-masing,” pintanya.

Ia tegaskan, kegiatan pola pengamanannya menitikberatkan kepada tindakan preventif didukung oleh kegiatan preentif, dan gakum.  “Konsep pengamanan tentunya pada keamanan ketertiban dan kelancaran dari kegiatan Cultur Minister yang dilaksanakan di Magelang ini,” tandasnya.

Sementara itu Kapolres Magelang AKBP M. Sajarod Zakun menambahkan untuk Polres Magelang sendiri secara keseluruhan kita siapkan 618 personil. Dari total 1257 Personil  gabungan baik itu dari TNI, Polri, Polri di sini ada dari Polda, dari Polres Polres, dan juga dari instansi samping, jadi kita siapkan juga kita dibantu oleh dari Satpol PP, Dishub, Damkar, dan BPBD.

Ia juga menyampaikan  pemintaan maaf terlebih dahulu kepada masyarakat yang biasa beraktivitas di sekitar Candi Borobudur. Hal ini karena nantinya mungkin terganggu.

“Ya kami mohon maaf terlebih dahulu. Karena itu mohon dimaklumi karena ini kegiatan juga mengangkat perekonomian warga sekitar. Karena kegiatan G20 ini menarik banyak perhatian masyarakat luar yang disini akan banyak acara,” tegasnya.

Sajarod juga menegaskan pihaknya sudah memerintahkan kepada seluruh jajaran di polsek-polsek. “Jadi untuk sementara kita tangguhkan terlebih dahulu beberapa kegiatan masyarakat karena kita fokus untuk pengamanan G20,” pungkasnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!