Pentingnya Peran Masyarakat Untuk Menjaga Konservasi SDA Progo Bogowonto Kota Magelang

BNews—MAGELANG—Dinas PU SDA Taru Provinsi Jawa Tengah menggelar pembinaan masyarakat. Dalam rangka konservasi sumber daya air di Aula Kelurahan Panjang Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, hari ini (19/8/2020).

Dalam pembinaan ini terdapat tiga hal yang dibahas yakni pedoman mitigasi bencana banjir. Kemudian pedoman pembentukan komunitas peduli sungai dan pedoman susur sungai.

Kepala Dinas PU SDA Taru Provinsi Jateng Eko Yuniarto melalui Kepala Bidang Sungai, Bendungan dan Pantai Dinas PU SDA Taru Provinsi Jateng Kunarto mengatakan pembinaan ini untuk mengajak masyarakat. Agar berperan serta dalam menangani Sumber Daya Air (SDA) Progo Bogowonto Luk Ulo

”Kegiatan ini dalam rangka mengajak berbagai unsur baik dari warga, dunia usaha, dunia pendidikan, dan media untuk menyukseskan KIS (koordinasi, Interegrasi, Sinkronasi sistem),” katanya kepada awak media, hari ini (19/8/2020).

Dia menjelaskan, KIS (koordinasi, Interegrasi, Sinkronasi sistem) adalah sistem koordinasi pengelolaan sumber daya yang terintregasi. Sistem ini agar masyarakat turut serta dalam menjaga konservasi sumber daya air.

”Kita galakkan pengelolaan SDA ini, karena kita lihat sendiri, saat ini kondisi sungai sudah begitu parah. Terdapat pencemaran industri dan limbah rumah tangga. Rasa hormat kepada sungai sudah hilang,” tandasnya.

Loading...

Kunarto menyebut bahwa sungai merupakan sumber air utama sehingga harus dirawat bersama. Bila air tidak dirawat dengan baik, bisa menimbulkan daya rusak air sedangkan semua makhluk hidup pasti membutuhkan air.

”Diharapkan dengan pembinaan ini akan ada keterlibatan peran serta masyarakat dalam kaitannya sebagai komunitas peduli sungai,” imbuhnya.

Tambahnya, pentingnya peran serta komunitas peduli sungai dalam menjaga konservasi SDA, menjadi salah satu upaya memelihara kualitas serta kuantitas SDA. ”Sehingga fungsi SDA dapat terus berkelanjutan hingga generasi mendatang,” pungkasnya. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: