Peristiwa Penting 19 Mei, Termasuk Presiden Soeharto Memutuskan Mengundurkan Diri

BNews–SEJARAH– Berbagai peristiwa penting dari tahun ke tahun pada hari ini 19 Mei layak untuk kita ketahui. Kejadian di Indonesia maupun luar negeri bisa menjadi ilmu pengetahuan tersendiri.

Agar tidak termakan zaman, berbagai penulis menyimpannya di dunia digital. Dengan harapan bisa menjadi pengetahuan anak cucu kita di masa yang akan datang.

Dan berikut ini, Borobudurnews.com mencoba merangkum kejadian menarik yang terjadi di tanggal 19 Mei. Mungkin ada ilmu yang bisa dipetik dari pengetahui ini. :

19 Mei 1535 : Penjelajah asal Prancis, Jacques Cartier, melakukan penjelajahan keduanya di kawasan Amerika bagian utara dengan membawa tiga kapal dan 110 awak. Sebelumnya, Cartier mengklaim dirinya sebagai penjelajah pertama yang menginjakkan kaki di Kanada dan mengklaim wilayah Kanada sebagai milik Prancis.


19 Mei 1643 :Pasukan Prancis berhasil mengalahkan pasukan Spanyol secara telak dalam Pertempuran Rocroi. Kemenangan Prancis pada salah satu pertempuran dalam Perang 30 Tahun itu menandai kemunduran kekuatan militer Spanyol sekaligus menjadi simbol berakhirnya dominasi kekuatan tentara Sapanyol di daratan Eropa.


19 Mei 1802 : Pemberian Legeun d’Honneur – Legeun d’Honneur atau ordo national legiun kehormatan adalah tanda penghargaan tertinggi yang di anugerahkan oleh Presiden Prancis sejak Napoleon Bonaparte. Motto tanda kehormatan ini ialah Honneur et Patrie (kehormatan dan tanah air) dan kedudukannya ada di Palais dea Legion d’Honneur di bantaran kiri sungai Seine, Paris.

Selama revolusi Prancis, semua tanda penghargaan dan gelar aristokrasi Prancis dihapuskan untuk memenuhi harapan Napoleon, konsul pertama dan penguasa tunggal de facto.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

19 Mei 1848 : – Meksiko Meratifikasi Perjanjian Hidalgo. Meksiko melakukan ratifikasi perjanjian Hidalgo untuk mengakhiri perang Meksiko dan Amerika Serikat (AS). Perjanjian itu sendiri ditentukan oleh AS terhadap pemerintahan Meksiko yang diduduki secara militer. Perjanjian itu sendiri ditandatangani pada 2 Februari 1848 kemudian diratifikasi oleh Senat AS pada 10 Maret 1848 dan pemerintah Meksiko pada 19 Mei 1848.


19 Mei 1881 : – Pendiri Republik Turki Mustafa Kemal Ataturk lahir. 19 Mei adalah tanggal lahir simbolis yang dikaitkan dengan hari Atatürk di Samsun.


19 Mei 1890 : Nguyen Sinh Cung lahir di Nghe An, Indochina Prancis atau kini Vietnam. Ia lantas dikenal luas sebagai tokoh revolusi dan negarawan dengan nama Ho Chi Minh. Demi menghormati jasa-jasanya, nama Ho Chi Minh diabadikan sebagai nama ibu kota Vietnam.


19 Mei 1910 : Komet Halley mendekati Bumi. Komet Halley memasuki Tata Surya pada tahun 1986. Menurut perhitungan komet itu akan terlihat lagi pada tahun 2061.


19 Mei 1919 : Mustafa Kemal Atatürk tiba di Samsun dengan Bandrma Ferry 19 Mei, melawan pendudukan Entente, dianggap sebagai dimulainya hari Perang Kemerdekaan Turki. Ini adalah salah satu titik balik dalam sejarah Republik Turki. Itu juga dirayakan sebagai hari libur nasional sejak 19 Mei 1938. Atatürk memberikan liburan ini kepada pemuda Turki. Namun, Atatürk hanya bisa menghadiri perayaan pada 19 Mei, yang ia sebut “hari ulang tahunku”.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

19 Mei 1935 : Arkeolog, tentara, perwira intelijen dan penulis Inggris Thomas Edward Lawrence meninggal dalam kecelakaan sepeda motor.


19 Mei 1964 : Puluhan Mikrofon Rahasia Ditemukan di Kedubes AS di Moskow, Rusia

Ada 40 mikrofon rahasia yang ditemukan tersembunyi di kantor kedutaan besar AS di Moskow, Rusia. Pihak Departemen Luar Negeri AS meyakini mikrofon tersebut sengaja dipasang pihak pemerintah Rusia demi menyadap semua percakapan di gedung tersebut.


19 Mei 1979 -: Siapa yang tak kenal Andrea Pirlo. Pemain sepakbola asal Italia itu memiliki skil di atas rata-rata dibanding pemain lainnya. Pirlo lahir di Flero, Italia. Pirlo pernah bermain di sejumlah klub besar seperti AC Milan dan Juventus. Pirlo yang memiliki posisi sebagai gelandang sangat berperan besar bagi klubnya maupun negaranya.


19 Mei 1981 – Rumah tempat Atatürk lahir di Thessaloniki ditata ulang dan dibuka untuk pengunjung.


19 Mei 1986 : Pasukan Afrika Selatan (Afsel) melancarkan beberapa serangan ke Zambia, Zimbabwe dan Botswana dalam upayanya menghancurkan markas-markas organisasi anti-apartheid. Pemerintah Zambia, Zimbabwe, dan Bostwana memang mendukung pembentukan organisasi tersebut demi melemahkan kekuatan politik orang-orang kulit putih di tanah Afrika.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

19 Mei 1991 : Kroasia mengadakan referendum kemerdekaan untuk memisahkan diri dari Yugoslavia. Dari hasil pemungutan suara yang diperoleh, lebih dari 80% rakyat Korasia memilih memisahkan diri dari Yugoslavia. Kurang lebih sebulan kemudian, pihak Kroasia secara resmi mendeklarasikan kemerdekaannya dari Yugoslavia.


19 Mei 1998: Soeharto Belum Mau Mundur. Setelah bertemu dengan para ulama dan tokoh masyarakat di Istana Merdeka selama 2,5 jam, Soeharto tetap menyatakan tekad untuk tidak mundur dan membentuk Komite Reformasi yang akan dipimpin langsung olehnya. Setelah berkuasa tiga dekade lebih, ia bahkan tidak memahami situasi yang berkembang. Ia tetap keras kepala mempertahankan kekuasaannya.

Presiden Soeharto merespon situasi yang berkembang dengan mengadakan pertemuan bersama para tokoh masyarakat dan ulama di Istana Merdeka hingga 2,5 jam. Usai pertemuan, Soeharto menyatakan akan mengundurkan diri secara konstitusional dengan mekanisme pergantian presiden dan wakil presiden tetap melalui Sidang Umum MPR. Soeharto juga akan membantu Komite Reformasi dan memimpin sendiri reformasi di berbagai bidang.


19 Mei 2012 – Chelsea Juara Liga Champion untuk Pertama Kali : Tanggal 19 Mei menjadi momen yang sangat berharga bagi klub sepakbola Inggris, Chelsea. Pada tanggal ini, mereka mampu menjuarai Liga Champions untuk pertama kalinya. Mereka mendapat gelar juara setelah berhasil mengalahkan klub sepakbola asal Jerman, Bayern Muenchen.

Kemenangan mereka pun dramatis, pasalnya harus menunggu hingga adu penalti setelah bermain imbang 1-1 hingga akhir perpanjangan waktu. Dalam adu penalti, Chelsea mampu menunjukkan kualitasnya sebagai sang jawara dengan skor 4-3.


19 Mei 2013 : Dua orang diduga mata-mata dijatuhi hukuman mati dengan cara digantung pada bagian lehernya oleh otoritas Iran. Dua orang tersebut diduga bekerja untuk Israel dan Amerika Serikat (AS) dalam memata-matai program nuklir di Iran.

(bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: