Perpustakaan Muntilan Makin Diminati Kalangan Pelajar dan Mahasiswa

BNews–MUNTILAN– Pengunjung Perpusatakaan Daerah Kabupaten Magelang meningkat setiap tahunnya. Hal ini tercatat pada tahun 2019 total pengunjung perpustakaan mencapai 86.000 orang.

“Hal ini meningkat dari tahun 2018 lalu. Dimana setelah bangunan baru diresmikan April 2018 tercatat 76.000 pengunjung,” ungkap Mashadi selaku Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang.

Disebutkannya, untuk rata-rata pengunjung perpustakaan didominasi pelajar dan mahasiswa. “Hal ini mungkin karena transformasi perpustakaan yang kami lakukan. Kami sering melibatkan banyak komunitas masyarakat dan sering menggelar event seminar maupun pelatihan-pelatihan disini,” imbuhnya.

Ia mengaku juga untuk jenis pelatihan yang sering dilakukan yakni bidang peternakan, pertanian dan perekonomian.  “Sementara untuk event tertentu di perpustakaan antara lain seperti lomba baca cepat dan baca AlQur’an,” ungkapnya.

“Alhamdulillah, perpustakaan ini juga menjadi terbaik kedua dalam rangka pengelolaan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial karena banyak pelatihan-pelatihan. Penghargaan tersebut di berikan oleh Wakil Presiden saat itu Jusuf Kalla pada Oktober 2019 lalu,” lanjutnya.

Mashadi menambahkan terkait literasi masyarakat di Kabupaten Magelang masih kurang. Minat baca dan budaya baca masyarakat di Kabupaten Magelang masih jauh dari harapan.

“Melihat perkap Peraturan Perpustakaan Nasional no 7 tahun 2017  tentang perpustakaan dengan standar wilayah tertentu. Sementara di Kabupaten Magelang, jika dihitung dari jumlah angka pengunjunn presentasenya hanya 10% dari jumlah penduduk, jelasnya.

“Saya berharap Perpustakaan ini menjadi perpustakaan pembina. Selanjutnya menjadi etalase perpustakaan, dan kedepan perpustakaan di Magelang harus berbasis online,” pungkasnya. (*/bsn)

Penulis : Penulis : Wahid Fahrur Annas- Mahasiswa IAIN Purwokerto

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: